Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-19 merayakan gol ke gawang Myanmar di Piala AFF U-19 2022. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Selama ini, Timnas Indonesia memang dikenal dengan warna kebesaran merah dan putih, sesuai dengan lambang negaranya. Beberapa tahun terakhir ini, muncul warna hijau yang melekat dalam jersey skuad Garuda.

Jika mengulas jejak sejarah warna hijau dalam jersey Timnas Indonesia, sebetulnya ada rentetan peristiwa historis yang panjang.

Merujuk pada akun Twitter resmi PSSI, dalam utas yang diberi tagar #SelasaTrivia itu, pihak federasi memberikan penjelasan mengenai sejarah warna hijau yang akhirnya melekat pada jersey Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Hitung-hitungan Persib Bandung Jadi Runner-up BRI Liga 1 dan Main di Piala AFC

Untuk diketahui, warna hijau itu sebetulnya terinspirasi dari warna bendera PSSI yang didasarkan pada statuta PSSI Pasal 2 Ayat 6 yang berbunyi, “Bendera PSSI berwarna hijau dengan logo PSSI”.

Pemilihan warna hijau ini memang bukan serampangan dan tak dilakukan tanpa alasan. Pasalnya, warnai hijau dianggap merepresentasikan makna kesegaran, kesuburan, kedamaian, dan keseimbangan.

Selain itu pula, warna hijau juga diharapkan bisa menyelaraskan kekuatan dan keberanian pada warna merah, serta simbol kesucian dalam warna putih. Itulah sebabnya, warna hijau 

Baca Juga:
Cuma Lebanon yang Mau, Indra Sjafri Ungkap Alasan Kenapa Tajikistan dan China Tolak Timnas Indonesia U-22

diharapkan bisa memberikan energi positif bagi skuad Garuda.

Selain itu pula, warna hijau yang melekat dalam jersey Timnas Indonesia sebetulnya juga sudah digunakan oleh PSSI pertama kali pada medio 1950-an.

Momen itu bertepatan dengan penampilan impresif skuad Garuda yang hampir lolos ke ajang Piala Dunia 1958 di Swedia.

Baca Juga:
Merasa Terhormat Diundang Uji Coba, Pelatih Lebanon: Indonesia Negara yang Indah

Setelah bertahun-tahun menghilang dari identitas jersey Timnas Indonesia, warna hijau akhirnya kembali diperkenalkan kepada publik pada medio 2007.

Saat itu, warna bersejarah ini kembali muncul dalam jersey yang digunakan oleh Timnas Indonesia pada ajang Piala Asia 2007.

Baca Juga:
Ditanya Soal Rumor Park Hang-seo, Erick Thohir Jawab Tegas Sampai Bawa-bawa Nama Allah

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More