Irwan Febri Rialdi
Selebrasi David da Silva usai cetak gol saat Persib Bandung kalahkan PSIS Semarang 2-1 di pekan keempat Liga 1 2022. (Dok. Persib)

Bolatimes.com - Persib Bandung menjadi salah satu tim yang berpotensi menyegel status runner-up BRI Liga 1 2022/23, tapi langkah mereka tak mudah karena harus bersaing dengan Persija Jakarta.

Ambisi untuk menjadi runner-up Liga 1 musim ini begitu tinggi buat Maung Bandung karena bisa mewujudkan ambisi lolos ke playoff Piala AFC 2023/24.

Kondisi Persib tak kondusif betul jelang Liga 1 musim ini rampung. Penampilan mereka inkonsisten sehingga posisi kedua klasemen sementara ini digeser oleh Persija.

Baca Juga:
Cuma Lebanon yang Mau, Indra Sjafri Ungkap Alasan Kenapa Tajikistan dan China Tolak Timnas Indonesia U-22

Persib Bandung untuk sementara duduk di peringkat ketiga dengan torehan 62 poin, terpaut satu angka saja dari Persija di peringkat kedua.

Kans Persib untuk kokoh di peringkat kedua buyar lantaran menelan kekalahan telak 0-4 dari Persita Tangerang di pekan ke-33.

Dengan begini, syarat Persib Bandung untuk menyegel peringkat runner-up di Liga 1 2022/23 cukup sulit. Persib wajib menang di laga terakhir musim ini.

Baca Juga:
Merasa Terhormat Diundang Uji Coba, Pelatih Lebanon: Indonesia Negara yang Indah

Kans untuk meraih hasil positif sebetulnya cukup besar mengingat lawan yang akan dihadapi Persib adalah Persikabo 1973.

Persikabo baru saja menelan kekalahan 0-2 di laga terakhir melawan Persik Kediri, sehingga kondisi mereka pun sedang tak stabil.

Akan tetapi, kemenangan atas Persikabo tidak akan cukup untuk membuat Persib menjadi runner-up di akhir musim. Mereka harus bergantung pada laga Persija di pekan terakhir.

Baca Juga:
Ditanya Soal Rumor Park Hang-seo, Erick Thohir Jawab Tegas Sampai Bawa-bawa Nama Allah

Persija sendiri bakal melawan PSS Sleman pada Sabtu (15/4/2023). Kans Macan Kemayoran untuk menang cukup besar mengingat mereka selalu menang dalam tiga laga terakhir.

Jika Persija ditahan imbang dan Persib mengalahkan Persikabo, maka Persib otomatis bakal menyegel posisi runner-up. Persib dengan 65 poin dan Persija 64 poin.

Pun jika Persija kalah dari PSS dan Persib menang, maka Persib akan mengoleksi 65 poin sedangkan Persija cuma meraih 63 poin.

Baca Juga:
Digembleng Eks Striker Timnas Indonesia jelang Persiapan SEA Games 2023, Begini Respons Ronaldo Kwateh

Sebaliknya, hasil imbang melawan Persikabo dan Persija kalah dari PSS tak akan cukup membawa Persib menjadi runner-up.

Meski koleksi poin Persib dan Persija sama-sama 63 angka di akhir musim, Persija unggul selisih gol dari Persib Bandung.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More