Rauhanda Riyantama
CEK FAKTA: Marc Klok Siap Tinggalkan Persib Bandung usai Dibantai Persita Tangerang 0-4.

Bolatimes.com - Karier Marc Klok bersama Persib Bandung dikabarkan tak akan lama lagi. Sebab gelandang Timnas Indonesia itu akan hengkang usai kalah lawan Persita Tangerang 0-4 dalam lanjutan BRI Liga 1 2022.

Duetnya bersama Beckam Putra, Dedi Kusnandar, Robi Darwis dan Ricky Kambuaya membuat Marc Klok mampu mengeluarkan trik-trik serangan Persib Bandung lebih variatif.

Namun, kekalahan telak Persib Bandung dari Persita Tangerang pada Minggu (9/4/2023) kemarin menjadi pengalaman pahit bagi Marc Klok.

Baca Juga:
Link Live Streaming Manchester City vs Bayern Munich di Perempat Final Liga Champions Malam Ini

Pasalnya, skuad Pangeran Biru itu harus merelakan kehilangan poin. Fakta tersebut membuat nasib tim berjuluk Maung Bandung itu ditentukan oleh hasil pertandingan Persija yang akan bertanding melawan Dewa United.

Tersiar kabar jika kekalahan tersebut membuat Marc Klok ingin hengkang dari Persib Bandung, seperti diberitakan kanal YouTube Kilas Football pada Senin (10/4/2023).

Pemilik akun tersebut membubuhi judul videonya 'KEPUTUSAN KRUSIAL KLOK! ingin Hengkang Dari Persib Setelah Kalah Memalukan Dari Persita Tangerang!' dan telah ditonton sebanyak 1,5 ribu kali.

Baca Juga:
Profil Putra Delta Sidoarjo, Klub yang Dijual dan Berganti Nama Maluku Utara United

Dengan menyisipkan foto Marc Klok saat sedang bicara di konferensi pers pada Thumbnail membuat video tersebut seperti nyata.

Tidak hanya itu, pemilik konten juga menuliskan sebuah kalimat penegasan, yaitu: KLOK INGIN HENGKANG DARI PERSIB USAI PERSIB DIPERMALUKAN PERSITA.

Lalu benarkah informasi tersebut?

Baca Juga:
3 Pemain Top yang Dicoret Indra Sjafri dari TC Timnas Indonesia U-22, Nomor 1 Kesayangan Shin Tae-yong

CEK FAKTA

Setelah melakukan penelusuran pada video tersebut, setidaknya ada tiga kejanggalan yang ditemukan, di antaranya:

1. Kesesuaian Judul dan Isi

Baca Juga:
3 Momen Hansamu Yama Cetak Gol di Injury Time, Bawa Persija Jakarta Menang

Terdapat kejanggalan judul dengan isi narasi yang disampaikan oleh narator. Sebagaimana disampaikan diatas bahwa judul yang disematkan yaitu keputusan Marc Klok untuk hengkang dari Persib Bandung setelah kalah dari Persita.

Sementara narasi yang disampaikan tidak menyinggung adanya pernyataan Marc Klok untuk hengkang dari Persib Bandung usai pertandingan melawan Persita Tangerang.

2. Relevansi Komentar Marc Klok

Adapun pernyataan Marc Klok terkait keinginan untuk bermain di Liga Jepang atau Liga Thailand merupakan ungkapannya dalam podcast di Media 433. Dari narasi yang disampaikan oleh narator jelas tidak ada keterkaitannya dengan hasil akhir Persib Bandung melawan Persita Tangerang.

3. Informasi Resmi Persib Bandung

Marc Klok masih memiliki kontrak bersama Persib Bandung hingga 2025 mendatang, sehingga keputusan hengkang atau tidaknya Marc Klok akan dirilis informasi resminya di laman resmi klub.

Setelah melakukan pencarian informasi, faktanya tidak ada pernyataan atau rilis di laman Persib.co.id yang berkaitan dengan pemutusan kontrak dengan Marc Klok.

KESIMPULAN

Dari hasil penelusuran di atas, maka dapat kami simpulkan bahwa video berdurasi 3 menit 32 detik, dengan judul KEPUTUSAN KRUSIAL KLOK! ingin Hengkang Dari Persib Setelah Kalah Memalukan Dari Persita Tangerang! adalah tidak benar atau hoax.

Load More