Irwan Febri Rialdi
Bek Garuda Select Jose Mendy. (Instagram/@programgarudaselect)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Jose Mendy, pemain asal Afrika yang mengikuti program Garuda Select angkatan kelima di Inggris.

Indonesia mengenal program Garuda Select sebagai sebuah program yang memberi jalan bagi talenta muda Tanah Air untuk menimba ilmu.

Hal ini diketahui dari banyaknya pemain muda Indonesia yang berangkat ke Inggris dan dilatih oleh nama-nama besar seperti Dennis Wise dan Des Walker.

Baca Juga:
Ikut Tanggapi Indonesia yang Tak Dapat Sanksi Berat, Media Malaysia Sebut FIFA Masih Sayang

Namun belakangan, Garuda Select tak hanya berisikan pemain muda Indonesia saja, melainkan juga para pemain muda dari negara-negara lainnya.

Hal ini terlihat sejak angkatan ketiga, di mana ada dua pemain Italia, yakni Elia Di Giuliomaria dan Lorenzo Berra yang turut berpartisipasi.

Lalu di angkatan kelima ini, jumlah pemain muda asing bertambah di Garuda Select. Tak hanya Indonesia dan Italia, ada pula pemain dari Australia hingga dari benua Afrika.

Baca Juga:
Perlahan Namun Pasti, Marselino Ferdinan Mulai Dipercaya Pelatih KMSK Deinze untuk Tampil Starter di Laga Malam Nanti

Adapun pemain dari benua Afrika itu berasal dari Senegal. Pemain tersebut adalah Jose Mendy yang masuk Garuda Select angkatan keempat.

Namanya menjadi perbincangan setelah tampil mempesona di Garuda Select. Penampilan apiknya bahkan diapresiasi staf kepelatihan dan juga rekan-rekannya.

Salah satunya Felix Kamuru yang menyebut Jose Mendy sebagai bek kiri yang punya visi bermain mumpuni dan kelihaian dalam mengolah si kulit bundar.

Baca Juga:
Marselino Ferdinan Dikode Pelatih Bakal Starter Lagi, KMSK Deinze Bisa Ulangi Pesta Gol?

Uniknya, Jose Mendy bisa dikatakan pemain termuda di Garuda Select angkatan keempat ini, di mana dirinya baru berusia 15 tahun.

Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari Jose Mendy, permata asal Afrika yang mencuri perhatian di Garuda Select.

Bek Kiri dengan Postur Menjulang

Baca Juga:
Jadwal Uji Coba Timnas Indonesia U-22 vs Lebanon, Persiapan SEA Games 2023

Tak begitu banyak referensi mengenai sosok Jose Mendy, terutama soal tanggal lahirnya. Hanya saja, diketahui ia baru berusia 15 tahun dan berasal dari Senegal.

Pada awalnya, Jose Mendy bergabung Garuda Select lewat seleksi, di mana ia berhasil menembus program tersebut dengan kemampuannya.

Kemampuannya ini pun tak lepas dari kesehariannya di kampung halamannya di Senegal yang aktif bermain sepak bola.

Dari sanalah kemampuannya terasah, sehingga para staf kepelatihan Garuda Select kemudian membawanya ke Inggris untuk mengikuti program itu.

Pada awal mula bergabung Garuda Select, yakni di angkatan keempat, pemain bernama lengkap Jose Gabriel Mendy ini sempat mengalami kesulitan.

Pasalnya, Garuda Select lebih mengandalkan teknik dan taktik, ketimbang permainan fisik seperti yang ia rasakan saat bermain di Afrika.

Dalam wawancaranya bersama Mola TV, Jose Mendy pun mengaku bahwa dirinya ingin mengasah kemampuannya di Garuda Select untuk meningkatkan kemampuannya.

Setelah itu, Jose Mendy pun akan mencoba peruntungan menembus kancah profesional dan mendapat kontrak, terutama dari tim Eropa.

Gaya bermain Jose Mendy yang penuh determinasi itu bahkan membuat pemain Garuda Select asal Indonesia seperti Felix Kamuru yang lebih tua darinya, banyak belajar dari pemain asal Senegal itu.

“Apa yang saya pelajari dari Jose (Mendy) adalah ketenangannya, lalu cara dia melepaskan Crossing (umpan silang), bertahan dan menyerang,” ujar Felix Kamuru.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More