Gagah Radhitya Widiaseno
Skuad Timnas Indonesia saat lawan Burundi di FIFA Matchday 2023. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Indonesia akhirnya tidak mendapatkan sanksi berat oleh FIFA usai sebelumnya dikabarkan bakal dapat hukuman berat lantaran gagal menggelar Piala Dunia U-20 2023. Kabar ini ikut ditanggapi oleh salah satu media Malaysia, Semuanya Bola.

Kabar Indonesia tak dapat sanksi berat oleh FIFA disampaikan langsung oleh Ketum PSSI, Erick Thohir. Dalam unggahan akun Instagram-nya, Indonesia dipastikan tak mendapatkan sanksi berat dari FIFA.

“Atas rahmat Allah SWT dan doa dari seluruh rakyat Indonesia, khususnya para pencinta sepak bola, Indonesia tidak dikenakan sanksi berat seperti dikucilkan dari sepak bola dunia. Kita hanya diberikan sanksi administratif, sehingga Timnas Indonesia masih bisa mencetak prestasi di SEA Games pada akhir bulan ini,” ucap Erick dilansir dari akun pribadi instagramnya (@erickthohir).

Baca Juga:
Perlahan Namun Pasti, Marselino Ferdinan Mulai Dipercaya Pelatih KMSK Deinze untuk Tampil Starter di Laga Malam Nanti

“Indonesia hanya mendapat “kartu kuning”, bukan “kartu merah.” Alhamdulillah,” tambah Erick.

Media Malaysia, Semuanya Bola pun menyoroti pemberian sanksi yang diberikan FIFA untuk Indonesia. Mereka menyebut kalau FIFA ternyata masih sayang terutama sepak bola ASEAN.

“Indonesia tidak digantung. Bukti Presiden FIFA sayang sepak bola Asia Tenggara,” bunyi pernyataan dari Semuanya Bola.

Baca Juga:
Marselino Ferdinan Dikode Pelatih Bakal Starter Lagi, KMSK Deinze Bisa Ulangi Pesta Gol?

“Melalui (hasil pertemuan Erick Thohir dengan FIFA), terlihat jelas bahwa Infantino adalah salah satu pemimpin yang memiliki tujuan yang jelas untuk bersikap adil dalam setiap aktivitas sepak bola di seluruh dunia, termasuk Asia Tenggara,” sambungnya kemudian.

Adapun sanksi yang diberikan FIFA kepada Indonesia adalah soal administrasi terkait pembekuan dana FIFA Forward untuk keperluan operasional PSSI.

Dengan keluarnya sanksi ringan ini, Timnas Indonesia masih bisa bermain di ajang internasional seperti SEA Games, Piala Asia 2023, hingga FIFA Matchday.

Baca Juga:
Jadwal Uji Coba Timnas Indonesia U-22 vs Lebanon, Persiapan SEA Games 2023

Kemudian peluang Indonesia menggantikan Peru untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 juga terbuka lebar. Sebab, PSSI juga menegaskan siap jika ditunjuk FIFA.

Load More