Irwan Febri Rialdi
Logo PSSI. [laman resmi PSSI]

Bolatimes.com - PSSI dan sepak bola Indonesia harus siap-siap dengan berbagai potensi ancaman sanksi yang dijatuhkan FIFA karena batal menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-20 2023.

Selain mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-20 2023, FIFA juga akan memberikan sanksi kepada PSSI.

Namun, berdasarkan dari rilis resmi FIFA, bentuk sanksi yang akan dijatuhkan kepada PSSI dan Indonesia karena batal menggelar Piala Dunia U-20 2023 masih akan diputuskan.

Baca Juga:
Piala Dunia U-20 2023 Batal Digelar di Indonesia, Persija Jakarta Beri Pesan Menyentuh

“Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya," bunyi pernyataan resmi dari FIFA.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga kemungkinan sanksi yang akan didapat PSSI setelah batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

1. PSSI Dibekukan FIFA

Baca Juga:
Breaking News! Gantikan Peru, Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023?

Jika merujuk dari potensi sanksi yang sempat disampaikan oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, sanksi terberat dari kasus ini ialah pembekuan.

Menurutnya, PSSI dan sepak bola Indonesia akan dibekukan oleh FIFA karena gagal menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2023.

Sanksi pembekuan inilah yang nantinya akan merembet pada berbagai sektor. Sebab, ini adalah hukuman terberat yang nantinya berpengaruh pada banyak aspek.

Baca Juga:
Meski Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Satu Pemain Keturunan Tetap Ingin Dinaturalisasi

2. Tidak Bisa Berpartisipasi di Agenda FIFA

Pembekuan yang dijatuhkan oleh FIFA terhadap PSSI juga akan membuat Indonesia tidak bisa mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan kalender FIFA.

Dengan kata lain, Timnas Indonesia di berbagai kelompok usia sudah tak bisa mengikuti kejuaraan-kejuaraan internasional yang bersifat resmi.

Baca Juga:
Argentina Bakal jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Lionel Messi Ikut Lakukan Hal Ini

Hal ini tentunya menjadi kerugian besar bagi para pemain muda, karena Timnas Indonesia U-16, U-18, U-21, hingga senior sudah tak bisa tampil di ajang internasional selama disanksi FIFA.

3. Tidak Bisa Dipilih FIFA untuk Jadi Tuan Rumah

Selanjutnya, Indonesia dan PSSI juga bakal mendapat sanksi berupa penghapusan kesempatan untuk kembali dipilih FIFA menjadi tuan rumah ajang olahraga.

Salah satu dampak terberat dari potensi sanksi ini ialah Indonesia akan dicoret sebagai salah satu kandidat tuan rumah Piala Dunia 2023.

Selain itu, federasi olahraga dunia juga akan mempertimbangkan untuk tidak memilih Indonesia sebagai tuan rumah pesta olahraga, termasuk olimpiade.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More