Irwan Febri Rialdi
Potret pemain Timnas Israel U-19 saat tampil di Euro U-19 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Sejumlah dampak diprediksi akan muncul apabila Timnas Israel U-20 tetap mendapatkan izin untuk bermain di Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Indonesia.

Dampak-dampak ini tentu semuanya mengarah kepada hal yang negatif. Sebab, kedatangan Timnas Israel sudah mendapatkan banyak penolakan dari berbagai kalangan.

Yang terbaru, Gubernur Bali, I Wayan Koster, sudah mengirimkan surat secara resmi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, yang berisi penolakan Timnas Israel U-20 untuk bermain di Bali pada Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Usia Sudah 31 Tahun, Shin Tae-yong Ungkap Alasan Panggil Riko Simanjuntak ke Timnas Indonesia

"Kami mohon agar Bapak Menteri mengambil kebijakan untuk melarang tim dari negara Israel ikut bertanding di Provinsi Bali. Kami, Pemerintah Provinsi Bali menyatakan menolak keikutsertaan tim dari negara Israel untuk bertanding di Provinsi Bali," bunyi isi surat tersebut.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga dampak yang berpotensi muncul apabila Timnas Israel U-20 diizinkan untuk bermain di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

1. Penolakan Ormas Islam

Baca Juga:
Timnas Burundi Sudah Terbang ke Jakarta, Siap-siap Jajal Kekuatan Skuad Garuda

Sampai saat ini, gelombang penolakan kedatangan Timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023 terus menerus datang dari berbagai organisasi masyarakat (Ormas) Islam di Indonesia.

Bahkan, beberapa organisasi seperti PA 212, FPI, dan sejumlah ormas sempat menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023).

Mereka menolak kedatangan Timnas Israel U-20 lantaran menganggap negara tersebut masih menjajah Palestina. Aksi unjuk rasa itu diwarnai dengan bakar bendera Israel.

Baca Juga:
Ngakak, Momen Heboh Shin Tae-yong saat Bertemu Riko Simanjuntak di TC Timnas Indonesia

Gelombang penolakan semacam ini memang harus mendapatkan perhatian serius, terutama dari Pemerintah hingga PSSI untuk melancarkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023.

2. Stabilitas Keamanan

Selanjutnya, dampak yang berpotensi timbul apabila Timnas Israel U-20 tetap bermain di Indonesia pada Piala Dunia U-20 2023 ialah memunculkan masalah keamanan.

Baca Juga:
Sempat Bilang 'Lucu', Ini Momen Stefano Lilipaly saat Bertemu Shin Tae-yong di TC Timnas Indonesia

Pasalnya, keberadaan rombongan Timnas Israel U-20 bakal menjadi sasaran serius dari pihak-pihak yang secara tegas menolak kehadiran mereka.

Bukan tidak mungkin, potensi ancaman terhadap keamanan Timnas Israel U-20 bakal meningkat drastis, baik ketika mereka menginap di hotel maupun berada di stadion pada Piala Dunia U-20 2023.

3. Kesulitan Mencari Tempat Bertanding

Salah satu opsi yang diprediksi bakal menjadi lokasi penyelenggaraan pertandingan Timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023 memang sempat ditempatkan di Bali.

Namun, dengan adanya penolakan yang disampaikan oleh Gubernur Provinsi Bali, I Wayan Koster, pihak penyelenggara akan semakin kesulitan untuk mencari tempat yang aman bagi Timnas Israel U-20.

Pasalnya, tidak ada tempat lain yang memungkinkan untuk menerima Israel, terutama dari enam venue yang akan digunakan di Piala Dunia U-20 2023.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More