Husna Rahmayunita
Indra Sjafri (Instagram/indrasjafri_coach)

Bolatimes.com - Juru taktik Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri menerapkan promosi dan degradasi dalam pemusatan latihan (TC) untuk SEA Games.

Diketahui, Indra Sjafri telah memanggil 34 pemain untuk mengikuti TC tahap pertama. Para pemain itu berasal dari klub Liga 1 dan Liga 2.

Indra Sjafri mengaku terkejut melihat nyaris 80 persen pemain yang mengikuti TC tahap pertama baru mengukir debut di TC timnas. Ia pun menegaskan bahwa ia menerapkan sistem promosi dan degradasi pada TC tersebut.

"Kami tentu memberikan kesempatan kepada mereka untuk menunjukkan kualitas yang dapat membuat mereka menjadi bagian dari tim nasional SEA Games," ujarnya dikutip di laman resmi PSSI, Rabu (2/3/2023).

Pelatih yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 2019 itu mengatakan kerangka tim yang akan berlaga di SEA Games 2023, Kamboja, berasal dari skuad persiapan Piala Dunia U-20 2021 yang dibatalkan.

"Kerangka tim ini sebenarnya adalah pemain-pemain yang sudah bermain di Liga 1 yang dahulu adalah (bagian dari) tim nasional persiapan Piala Dunia U-20 yang batal di tahun 2021, yaitu rata-rata yang lahir tahun 2001 dan 2002," terangnya.

Indra Sjafri memang tidak menyebutkan siapa saja pemain-pemain tersebut. Namun memang ada beberapa pemain dari persiapan Piala Dunia U-20 2021, yang dibatalkan lalu diganti ke Piala Dunia U-20 2023, yang secara usia masih memenuhi syarat untuk timnas U-22 di SEA Games 2023.

Mereka seperti Pratama Arhan yang kini bermain di klub Jepang Tokyo Verdy, lalu Witan Sulaeman (Persija), Rizky Ridho (Persebaya), Beckham Putra (Persib), dan Elkan Baggott (Cheltenham Town-Inggris).

Untuk melengkapi kekuatan skuadnya, Indra Sjafri pun mencari pesepak bola nasional lain yang memiliki kualitas untuk berlaga di SEA Games 2023 dengan menggandeng pemain di Liga 1 dan Liga 2.

Sosok-sosok itu disaring dari pemusatan latihan (TC) yang berlangsung dua tahap di Jakarta yakni pada 1-8 dan 9-16 Maret.

"Sisa pemain yang belum bergabung rencananya malam ini akan hadir semua. Saya mengucapkan terima kasih kepada klub-klub, baik dari Liga 1 dan Liga 2 yang telah mengirimkan pemainnya untuk TC kali ini. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan sesuai dengan rencana," pungkasnya.

(Antara)

Load More