Husna Rahmayunita
Ronaldo Kwateh dalam laga melawan Thailand di Piala AFF U-19 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelabihan baru penggawa Timnas Indonesia U-20, Ronaldo Kwateh masih menjadi teka-teki. Hingga kekinian, belum diketahui klub luar negeri yang akan dibela oleh pemain keturunan tersebut.

Terungkap, sejatinya Ronaldo Kwateh menarik perhatian klub Turki sejak 2021, ketika dirinya membela Timnas Indonesia U-18. Pihak Madura United pun masih merahasiakan klub baru pemain mudanya.

"Proses 'dealing"-nya cukup lama. Ronaldo itu kontrak tertutup, ya. Jadi kami tidak bisa membukanya. Memang ada klausul-klausul sendiri dari kami dan klub di sana (Turki-red)," kata Direktur Utama PT Polana Bola Madura Bersatu (PT PBMB), perusahaan yang menaungi Madura United, Annisa Zhafarina.

Madura United juga belum bisa memastikan kapan Ronaldo Kwateh bergabung ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20 untuk persiapan Piala Asia U-20 202.

"Sekarang masih proses dengan klub Ronaldo di sana. Kami pasti mengabarkan bagaimana keadaan Ronaldo, apakah akan ke timnas atau tidak," ujar  Annisa.

Ronaldo Kwateh menjadi salah satu pemain yang ditunggu pelatih timnas U-20 Indonesia Shin Tae-yong untuk bergabung ke TC persiapan Piala Asia U-20 2023. TC itu sudah berlangsung sejak 1 Februari 2023.

Selain Ronaldo, pemain lain yang dinanti adalah Marselino Ferdinan, Muhammad Ferarri, Cahya Supriadi, Alfriyanto Nico, Dony Pamungkas, Kakang Rudianto dan Ferdiansyah Cecep.

Shin Tae-yong berharap para pemain tersebut sudah hadir di skuad timnas U-20 sebelum turnamen mini internasional U-20 berlangsung pada 17-21 Februari 2023 di Indonesia.

Turnamen yang dimanfaatkan Indonesia sebagai uji coba untuk mempersiapkan diri menuju Piala Asia U-20 2023 pada 1-18 Maret 2023 itu diikuti empat negara yakni Indonesia, Fiji, Guatemala dan Selandia Baru.

(Antara)

Load More