Husna Rahmayunita
Selebrasi pemain Senegal Abdou Diallo (depan) setelah mencetak gol dalam pertandingan semifinal Piala Afrika 2021 lawan Burkina Faso pada 3 Februari 2022. (AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

Bolatimes.com - Sejumlah peserta Piala Dunia 2022 diperkuat oleh pemain naturalisasi. Ada dua negara Afrika dan satu negara Eropa yang dihuni banyak penggawa naturalisasi..

Program naturalisasi bukanlah barang baru di sepak bola. Bahkan, FIFA selaku induk olahraga ini mengizinkan negara melakukan program tersebut.

Umumnya program naturalisasi ini dilakukan terhadap pesepak bola yang memiliki darah keturunan dari suatu negara.

Namun seiring berkembangnya waktu, naturalisasi juga bisa dilakukan terhadap pemain yang tak punya ikatan darah dengan suatu negara, namun telah lama berkarier di negara tersebut.

Biasanya program naturalisasi ini dilakukan oleh negara-negara yang jauh tertinggal soal sepak bola. Sebagai contoh, negara-negara di Asia Tenggara.

Salah satunya adalah Indonesia yang telah melakukan program naturalisasi sejak awal kemerdekaan hingga beberapa waktu belakangan ini.

Akan tetapi seiring berkembangnya waktu, negara-negara kuat di sepak bola juga melakukan naturalisasi, seperti negara-negara yang tampil di Piala Dunia 2022.

Tercatat, ada beberapa negara yang tampil di Piala Dunia 2022 dengan berisikan para pemain naturalisasi di tubuh skuadnya.

Kira-kira, negara kontestan Piala Dunia 2022 mana saja yang punya pemain naturalisasi terbanyak? Berikut daftarnya.

1. Senegal

Aksi Sadio Mane saat antar Senegal kalahkan Tanjung Verde 2-0 dan lolos ke perempatfinal Piala Afrika 2021. (PIUS UTOMI EKPEI / AFP)

Juara Piala Afrika 2021, Senegal, merupakan kontestan Piala Dunia 2022 yang banyak berisikan pemain naturalisasi di tubuh skuadnya.

Beberapa penggawa utama Senegal saat ini merupakan para pemain naturalisasi, yang umumnya lahir di luar negara tersebut.

Sebagai contoh ada Edouard Mendy, Boulaye Dia, dan sang kapten, Kalidou Koulibaly, yang ternyata lahir di Prancis sebelum akhirnya memilih Senegal sebagai tim nasionalnya.

2. Maroko

Pemain Maroko Selim Amallah dan rekan-rekannya merayakan kemenangan atas Kepulauan Comoros dalam laga Grup C Piala Afrika 2021 di Stade Ahmadou Ahidjo, Yaounde, Kamerun, 14 Januari 2022. [AFP]

Negara Afrika lainnya yang bakal tampil di Piala Dunia 2022, Maroko, saat ini juga banyak diperkuat pemain naturalisasi.

Tim berjuluk Singa Atlas ini mayoritas pemain di skuadnya saat ini adalah pemain naturalisasi yang lahir dan berkarier di Eropa.

Sebagai contoh ada Hakim Ziyech dan Noussair Mazraoui yang lahir di Belanda. Bahkan pemain bintangnya, Achraf Hakimi, merupakan pemain yang lahir di Spanyol.

3. Swiss

Selebrasi Pemain Swiss Usai Taklukkan Serbia

Salah satu tim kuda hitam asal Eropa, Swiss, juga berisikan pemain naturalisasi di dalam skuadnya. Saat menembus Piala Dunia 2022, tim berjuluk Nati ini dibela delapan pemain naturalisasi.

Banyaknya pemain naturalisasi di Swiss sendiri tak lepas dari para imigran yang hijrah dan menetap di negara teraman di dunia itu.

Tercatat, banyak pemain keturunan negara lain yang berada di Swiss dan bukan asli negara tersebut. sebut saja Yvon Mvogo yang berasal dari Kamerun, Ricardo Rodriguez yang berasal dari ayah Spanyol dan ibu Chile.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More