Arif Budi Setyanto
Potret pemain Timnas Indonesia U-19 saat kalah 1-2 lawan Turki U-20 dalam laga uji coba. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-20 menjadi salah satu negara partisipan Piala Asia U-20 2023. Dalam sejarah turnamen ini, tim Merah Putih punya catatan apik.

Timnas Indonesia U-20 asuhan Shin Tae-yong melaju ke Piala Asia U-20 2023 usai lolos sebagai juara grup di babak kualifikasi. Selain Garuda Nusantara, hanya Vietnam wakil lain yang berasal dari Asia Tenggara.

Situasi itu membuat media Vietnam membuat laporan tim mana yang paling impresif di ajang Piala Asia U-20 ini. Ternyata, mereka mengakui bahwa Indonesia adalah tim dengan prestasi paling apik.

Baca Juga:
Napoli Ditekuk Liverpool, Luciano Spalletti Tetap Bangga

"Di wilayah Asia Tenggara, Indonesia adalah negara dengan prestasi paling impresif sepanjang sejarah. Bahkan tim muda mereka berhasil memenangkan juara pada tahun 1961 saat turnamen itu digelar di Thailand," tulis laporan The Thao247 disadur pada Rabu (2/11/2022).

Bukan hanya itu, Garuda Nusantara juga pernah dua kali menjadi runner up (tahun 1967 dan 1970) yang kala itu nama turnamennya masih memakai Piala Asia U-19.

Timnas Indonesia U-20 vs Moldova. (Dok. PSSI)

Lebih lanjut, media Vietnam juga mengungkapkan bahwa timnas Indonesia U-20 juga meraih hasil bagus di Piala Asia U-20 sebelumnya. Sebab, tim Merah Putih berhasil ke perempat fina.

Baca Juga:
Timnas Spanyol Rilis Skuat Bayangan Piala Dunia 2022, Gerard Pique dan Sergio Ramos Masuk, David De Gea Ditinggal

Sayangnya ketika di perempat final, timnas Indonesia U-20 kalah saing dari Jepang yang memang punya skuad lebih mumpuni dengan skor 0-2.

Bukan hanya prestasi Indonesia yang diakui sebagai tim tersukses dari Asia Tenggara sepanjang turnamen Piala Asia U-20, media Vietnam juga menyoroti TC anak asuh Shin Tae-yong.

Saat ini timnas Indonesia U-20 menjalani TC di Eropa yang diproyeksi untuk persiapan Piala Asia U-20 2023 mendatang di Uzbekistan.

Baca Juga:
Update Naturalisasi Shayne Pattynama untuk Gabung Timnas Indonesia, Bisa Main di Piala AFF 2022?

Garuda Nusantara baru saja mendapatkan suntikan mental karena menang comeback dengan skor 3-1 dalam laga uji coba melawan Moldova U-20, Selasa (1/11/2022).

Load More