Irwan Febri Rialdi
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-19, Ivar Jenner. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Gelandang berdarah Belanda, Ivar Jenner, menjadi salah satu nama pemain yang diproyeksikan untuk memperkuat timnas Indonesia U-20. Jika melacak garis keturunannya, dia memiliki nenek yang berasal dari Jember.

Karena garis keturunan Indonesia dari neneknya yang lahir di Jember itulah, Ivar Jenner memiliki peluang besar untuk bisa mendapat status sebagai WNI demi memperkuat timnas Indonesia.

Selain Ivar Jenner, pemain berdarah Belanda lainnya yang juga tengah menjalani proses naturalisasi untuk mendapatkan kewarganegaraan Indonesia ialah Justin Hubner.

Justin Hubner dan Ivar Jenner telah tiba di Indonesia untuk memulai proses alih kewarganegaraan. Pada Senin (24/10/2022), mereka menyambangi kantor [SSI di GBK Arena Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, dua pemain blasteran Belanda-Indonesia itu mengungkap alasannya mau bergabung dengan Timnas Indonesia. Baik Justin Hubner maupun Ivar Jenner mengaku ingin membanggakan keluarga mereka.

"Saya juga sama (ingin membanggakan Indonesia). Ayah saya dan nenek saya orang Indonesia, saya akan membuat mereka bangga. Bagi saya Indonesia negara yang indah, jadi saya tidak sabar untuk bermain (bersama timnas)," kata Ivar Jenner.

Setelah menyambangi kantor PSSI, mereka dijadwalkan menjalani wawancara dengan Badan Intelijen Negara (BIN), Selasa (25/10/2022).

Garis Keturunan Ivar Jenner: Nenek yang Berasal dari Jember

Ivar Jenner merupakan pesepak bola asal Belanda yang lahir pada 10 Januari 2004. Sebagai informasi, garis keturunan Indonesianya diperoleh dari ayahnya yang memiliki ibu dari Jember.

Dengan kata lain, neneknya tersebut berasal dari Jember. Dari sinilah, garis keturunan pemain berusia 18 tahun itu mengalir di darahnya.

“Jadi, ibunya ayahku, yakni nenekku, dia lahir di Jawa. Jadi ayahku setengah Indonesia dan aku seperempat Indonesia,” kata Ivar Jenner saat menjalani sesi wawancara di akun YouTube milik Yussa Nugraha.

“Jadi, (darah keturunan Indonesiaku diperoleh dari) ibunya ayahku yang berasal dari Indonesia,” Ivar Jenner melanjutkan.

Sebelumnya, penjajakan proses naturalisasi untuk Ivar Jenner sudah berlangsung cukup lama. Sebab, saat itu keluarganya pernah bertemu dengan salah satu anggota Komite Eksekutif PSSI, Hasani Abdulgani.

Hasani sempat menyebut bahwa respons ayah Ivar Jenner sangat positif. Menurut Hasani, keluarga Ivar Jenner telah memberikan lampu hijau andai pemain FC Utrecht U-21 ini ingin memperkuat timnas Indonesia suatu saat nanti.

Sebagai informasi, Justin Hubner kini berkarier dengan klub Liga Inggris, yakni Wolverhampton Wanderers U-21. Sedangkan Ivar Jenner bersama FC Utrecht U-21.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More