Husna Rahmayunita
Pemain keturunan Indonesia, Jayden Oosterwolde, resmi bergabung Parma. (Twitter/@ParmaCalcio_en)

Bolatimes.com - Pemain keturunan Indonesia, Jayden Oosterwolde, kembali menjadi perbincangan publik sepak bola Indonesia seusai berhasil mencetak gol spektakuler bersama klubnya, Parma, di ajang Serie B 2022/2023.

Dikutip dari akun Twitter resmi klub pada Senin (17/10/2022), Jayden Oosterwolde sukses melakukan intersep usai lawan mendapatkan sepakan pojok. Ia langsung berlari membawa bola ke gawang lawan.

Berhadapan satu lawan satu dengan bek lawan, Jayden Oosterwolde mampu memperdayainya. Ketika berada tepat di luar kotak penalti lawannya, ia melepaskan tendangan yang tak bisa dibendung kiper.

Pada akhirnya Parma berhasil menang dalam pertandingan tersebut dengan skor 2-0 melawan Reggina. Selain Jayden Oosterwolde, satu gol lainnya dicetak oleh Lautaro Valenti.

Berikut Bolatimes.com menyajikan fakta-fakta menarik mengenai Jayden Oosterwolde, pemain keturunan Indonesia idaman Shin Tae-yong yang cetak gol spektakuler di Serie B Italia.

1. Moncer Sejak Usia Muda

Pemain keturunan Indonesia, Jayden Oosterwolde cetak gol spektakuler via solo run. (Kolase Twitter/@1913parmacalcio)

Jayden Oosterwolde memulai perjalanannya berlatih sepak bola bersama klub lokal, ZAC, sebelum akhirnya direkrut Akademi FC Twente pada tahun 2012.

Pada Juni 2020, dia menandatangani kontrak profesional pertamanya bersama FC Twente dan promosi ke tim utama.

Pemain berusia 20 tahun ini disebut-sebut sebagai talenta yang memiliki masa depan cerah. Sebab, di usianya yang masih muda, dia sudah menembus skuad utama FC Twente.

Bersama FC Twente, Oosterwolde sudah mencatatkan 14 penampilannya di kasta tertinggi Liga Belanda. Performanya memang sudah melejit sejak musim lalu. 

2. Bek Kiri Tipe Ofensif

Meskipun posisi bermainnya sebagai bek kiri, tetapi Jayden Oosterwolde tak hanya memiliki kemampuan defensif semata. Sebab, ia juga terhitung aktif ketika membantu timnya menyerang.

Dari 26 penampilan di musim 2020/2021, Oosterwolde turut menyumbangkan satu gol dan tiga assist untuk FC Twente.

Itulah sebabnya, Jayden Oosterwolde diangkut oleh Parma. Dia diharapkan mampu membantu Parma merebut tiket promosi ke Serie A 2022/2023.

3. Punya Keturunan Indonesia dan Suriname

Meskipun tercatat lahir di Belanda, Jayden juga memiliki garis keturunan Indonesia dan Suriname. Bahkan, dua negara ini berminat untuk menggunakan jasanya di tim nasional.

“Indonesia dan Suriname telah menghubungi saya. Suatu waktu, saya menerima berbagai pesan Instagram dari Indonesia, salah satunya ternyata asisten pelatih tim nasional,” kata Jayden, dikutip dari ELF Voetbal.

4. Tolak Indonesia demi Timnas Belanda

Sayangnya, saat ditawari untuk memperkuat timnas Indonesia, Jayden Oosterwolde menolaknya. Sebab, dia masih memiliki ambisi untuk menembus timnas Belanda.

Untuk saat ini, perjalanan kariernya di dunia sepak bola memang masih panjang. Sebab, pemain kelahiran Zwolle, Belanda, ini baru berusia 21 tahun.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More