Rauhanda Riyantama
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat rapat persiapan Piala Dunia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Kebaikan Iwan Bule atau sapaan akrab Mochamad Iriawan sebagai Ketua Umum PSSI akan dibahas dalam artikel kali ini.

Nama Iwan Bule belakangan ini ramai diperbincangkan. Alasannya, dia didesak untuk mundur dari jabatannya saat ini sebagai Ketua Umum PSSI.

Ini merupakan buntut dari Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari 100 orang pada awal Oktober lalu. Berbagai pihak dinilai publik sepak bola Tanah Air bertanggung jawab atas insiden kemanusiaan itu.

Baca Juga:
Media Vietnam Soroti Dobel Masalah Timnas Indonesia U-19 Jelang Piala Dunia U-20 2023

Iwan Bule bersama seluruh deretan pejabat di PSSI pun didesak untuk mundur sebagai bentuk tanggung jawab. Namun, dalam beberapa kesempatan Iwan Bule menolak untuk melepas jabatannya.

Terbaru, Shin Tae-yong yang merupakan pelatih Timnas Indonesia angkat suara. Selain mengucapkan belasungkawa kepada korban dan keluarga korban, dia juga menyatakan sikap terkait desakan mundur Iwan Bule.

Pelatih asal Korea Selatan itu secara mengejutkan membuat pernyataan bakal ikut mundur jika Iwan Bule melepas jabatan sebagai Ketum PSSI. Tentunya, pernyataan ini menuai pro dan kontra.

Baca Juga:
Gabung TC Timnas Indonesia U-19 di Eropa, 4 Pemain Persis Youth Academy Dapat Wejangan

Bagi yang pro Iwan Bule, mereka menilai ada beberapa hal positif yang terjadi pada sepak bola Indonesia di era kepemimpinan Iwan Bule sebagai Ketum PSSI. Berikut kebaikan-kebaikan Iwan Bule.

1. Mendukung Penuh Program Pelatih

Sebagai Ketum PSSI yang memfasilitasi tim nasional dengan para pelatihnya, Iwan Bule terbilang sebagai sosok yang mendukung penuh program dan keputusan pelatih.

Baca Juga:
Kebobolan Lebih Dulu, PSIS Semarang Kalahkan Juniornya 3-2

Tak cuma Shin Tae-yong di timnas senior Indonesia, tetapi juga pelatih lain macam Bima Sakti di Timnas Indonesia U-16. Iwan Bule terbilang tak pernah mengintervensi keputusan yang diambil oleh STY atau Bima.

2. Dekat dengan Pemain

Iwan Bule juga terbilang cukup dekat dengan para pemain Timnas Indonesia di berbagai kelompok usia hingga tim senior. Hal ini ditunjukkan dari beberapa momen yang dibagikan oleh Iwan Bule.

Baca Juga:
Pelatih Klub yang Dibela Saddil Ramdani Sebut Kualitas Pemain Muda Malaysia Setara dengan Jepang

Dalam beberapa kesempatan pemusatan pelatihan Timnas Indonesia, Iwan Bule juga kerap terlihat hadir dan berbincang bersama pemain hingga staf pelatih.

3. Fokus Program Pembinaan

Sejak terpilih menjadi Ketum PSSI pada 2019 lalu, Iwan Bule terus melanjutkan program-program pembinaan kelompok umur yang sudah dijalankan oleh rezim sebelumnya.

Iwan Bule juga sangat mendukung para pemain Indonesia untuk berkarier di luar negeri, khususnya yang saat ini bermain di Eropa.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More