Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut deretan rekor pribadi yang ditorehkan Shin Tae-yong usai mengantarkan Timnas Indonesia U-19 lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Nama Shin Tae-yong tengah dielu-elukan oleh penikmat sepak bola Tanah Air, usai dirinya membawa Timnas Indonesia U-19 lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Keberhasilan ini didapatkan setelah Timnas Indonesia U-19 berhasil menjadi juara grup F, usai mengalahkan Vietnam di laga terakhir kualifikasi babak grup, Minggu (18/9).

Baca Juga:
6 Negara yang Sapu Bersih Kemenangan di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Indonesia Bangga Jadi Satu-satunya Wakil ASEAN

Dalam laga terakhir tersebut, Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2 melalui aksi Comeback yang heroik.

Usai unggul lewat Marselino Ferdinan di menit ke-60, gawang Timnas Indonesia U-19 kemudian dibobol dua kali oleh Vietnam lewat gol bunuh diri Muhammad Ferarri dan gol Dinh Xuan Tien.

Di 10 menit terakhir waktu normal, Timnas Indonesia U-19 pun berhasil melakukan Comeback usai Ferarri mencetak gol di menit ke-82, dan kemudian diikuti oleh gol Rabbani Tasnim di menit ke-85.

Baca Juga:
Vietnam Takluk dari Timnas Indonesia U-19, Dinh The Nam Komentari Suporter yang Padati Stadion GBT

Kemenangan ini pun membuat Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke Piala Asia U-20 2023, yang ternyata membawa rekor-rekor baru bagi sang pelatih, Shin Tae-yong.

Rekor apa saja yang telah dibuat Shin Tae-yong berkat kemenangan atas Vietnam dan keberhasilan lolos ke Piala Asia U-20 2023? Berikut ulasannya.

Potret pemain Timnas Indonesia U-19 bersama suporter usai lolos ke Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

1. Menjebol dan Mengalahkan Vietnam

Baca Juga:
Daftar Tim yang Lolos ke Piala Asia U-20 2023, Ada Indonesia dan Vietnam

Rekor pertama yang dibuat Shin Tae-yong adalah keberhasilannya menjebol gawang dan mengalahkan Vietnam selama menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Sejak didapuk menjadi pelatih tim senior dan tim kelompok umur pada akhir tahun 2019 lalu, Shin Tae-yong tak pernah menang dan mencetak gol ke gawang Vietnam.

Dalam 4 pertemuan dengan Vietnam, baik tim senior dan kelompok umur, Shin Tae-yong gagal membawa timnya mencetak gol dan meraih kemenangan.

Baca Juga:
Tebus Gol Bunuh Diri dengan Cetak Gol ke Gawang Vietnam, Muhammad Ferarri Dipuji Persija Jakarta

Namun di pertemuan ke-5 ini, Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Vietnam dan mencetak 3 gol ke gawang rivalnya itu.

2. Lolos dengan Rekor Sempurna

Sejak memimpin Timnas Indonesia senior dan kelompok umur sebelum Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Shin Tae-yong tak pernah membawa anak asuhnya menyapu bersih laga grup dengan kemenangan.

Dari pertama kali memimpin di Kualifikasi Piala Dunia 2022 hingga terakhir memimpin di babak grup Piala AFF U-19 2022, Shin Tae-yong pasti pernah merasakan kekalahan dan hasil imbang di babak grup.

Namun di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 ini, Shin Tae-yong berhasil mencetak rekor baru baginya dengan membawa Timnas Indonesia U-19 menyapu bersih babak grup dengan kemenangan.

Dalam 3 laga di grup F, Timnas Indonesia U-19 mampu meraih kemenangan 4-0 atas Timor Leste, 5-1 atas Hong Kong, dan 3-2 atas Vietnam.

3. Tampil Pertama di Piala Asia U-20

Keberhasilan membawa Timnas Indonesia U-19 ke Piala Asia U-20 2023 membuat Shin Tae-yong untuk pertama kalinya akan tampil di ajang tersebut.

Sepanjang karier kepelatihannya, Shin Tae-yong pernah memimpin tim nasional di Piala Asia U-23 2016, Piala Dunia U-20 2017 dan Piala Dunia 2018.

Selain itu, Shin Tae-yong juga menjadi pelatih pertama Indonesia yang berhasil membawa tim senior dan tim U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Sebelumnya, belum ada pelatih Timnas Indonesia yang mampu membawa tim senior dan kelompok umur lolos ke ajang bergengsi se benua kuning itu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More