Rauhanda Riyantama
Potret pemain Timnas Indonesia U-19 bersama suporter usai lolos ke Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut daftar tim yang sudah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan mendatang.

Beberapa tim telah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023, seiring mulai berakhirnya babak kualifikasi.

Salah satunya adalah Timnas Indonesia U-19. Tim besutan Shin Tae-yong ini menjadi salah satu tim yang berhasil meraih satu tiket ke Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga:
Tebus Gol Bunuh Diri dengan Cetak Gol ke Gawang Vietnam, Muhammad Ferarri Dipuji Persija Jakarta

Timnas Indonesia U-19 berhasil lolos ke putaran final di Uzbekistan usai berhasil menjadi juara grup F, pasca mengalahkan Vietnam, Minggu (18/9).

Di laga penentuan sekaligus laga terakhir grup F itu, skuad Garuda Nusantara berhasil menggasak rivalnya dengan skor 3-2.

Kemenangan ini didapat dengan Comeback ajaib. Pasalnya hingga 10 menit terakhir waktu normal, Timnas Indonesia U-19 sempat tertinggal 1-2 dari Vietnam.

Baca Juga:
Daftar Juara Grup Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Indonesia Sejajar dengan Jepang dan Korea Selatan

Namun di 10 menit terakhir waktu normal itu, Timnas Indonesia U-19 mampu mencetak dua gol lewat tandukan Muhammad Ferarri dan Tap In dari Rabbani Tasnim.

Keberhasilan Timnas Indonesia U-19 melangkah ke putaran final Piala Asia U-20 2023 pun mengikuti jejak tim-tim besar lainnya.

Langkah Timnas Indonesia U-19 lolos mengikuti jejak tim-tim besar Asia seperti Arab Saudi, Qatar, Jepang, dan Korea Selatan.

Baca Juga:
Hasil Liga Spanyol: Vinicius Junior dan Federico Valverde Bikin Gol, Real Madrid Kalahkan Atletico Madrid 2-1

Di sisi lain, kekalahan dari Timnas Indonesia U-19 tak membuat langkah Vietnam melaju ke putaran final Piala Asia U-20 2023 terhenti begitu saja.

Vietnam sendiri dipastikan lolos. Pasalnya saat ini, The Golden Star berada di puncak klasemen Runner Up grup terbaik dengan perolehan poin 6 dan selisih gol +7 gol.

Alhasil Vietnam pun menemani Timnas Indonesia U-19 sebagai wakil Asia Tenggara yang telah memastikan diri lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga:
Kalahkan Vietnam, Shin Tae-yong Ungkap Masih Ada PR untuk Timnas Indonesia U-19

Adapun Thailand yang juga merupakan salah satu tim besar di Asia Tenggara, harus puas berada di peringkat kelima Runner Up terbaik dengan perolehan 6 poin dan selisih +3 gol.

Posisi tim Gajah Perang tersebut belumlah aman, mengingat grup H belum melakoni kualifikasi. Sehingga, Thailand pun berpotensi digusur oleh tim-tim dari grup H.

Selain itu, tim-tim Asia Tenggara lainnya harus puas gugur di babak kualifikasi usai gagal meraih banyak poin atau bahkan menjadi lumbung gol lawan selama fase kualifikasi.

Berikut daftar 14 tim yang telah memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan tahun depan.

Daftar Tim yang Lolos ke Piala Asia U-20 2023:

1. Uzbekistan (tuan rumah)
2. Arab Saudi (juara grup A)
3. Qatar (juara grup B)
4. Jepang (juara grup C)
5. Yordania (juara grup D)
6. Korea Selatan (juara grup E)
7. Indonesia (juara grup F)
8. Oman (juara grup G)
9. Tajikistan (juara grup I)
10. Iran (juara grup J)
11. Vietnam (Runner Up grup F)
12. Kirgizstan (Runner Up grup J)
13. China (Runner Up grup A)
14.  Syria (Runner Up grup D)

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More