Jum'at, 02 Desember 2022
Arif Budi Setyanto : Kamis, 08 September 2022 | 13:13 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Kabar baik datang untuk timnas Indonesia U-19. Ketum PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapkan rencana tujuh pemain naturalisasi yang diminta Shin Tae-yong sudah dilaporkan ke Presiden Jokowi.

Shin Tae-yong memang telah menyodorkan nama pemain keturunan untuk diproyeksikan membela timnas Indonesia di ajang Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Mochamad Iriawan pun menyinggung soal calon naturalisasi pemain untuk tim U-20 di rapat kerja dengan Komisi X DPR RI bersama Menpora RI pada Kamis (1/9/2022) yang membahas pertimbangan pemberiaan kewarganegaraan terhadap Jordi Amat dan Sandy Walsh.

"Kami sedang menggodok sekarang untuk calon naturalisasi U-20 yang akan bermain di Piala Dunia. Baru dapat namanya kemarin dari Shin Tae-yong. Mungkin dalam minggu ini tim akan berangkat ke Belanda untuk meyakinkan mereka," ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Lebih lanjut Iwan Bule melanjutkan bahwa sebenarnya ada tujuh pemain keturunan yang masuk proyeksi untuk membela timnas Indonesia di Piala Dunia U-20. Namun, masih hanya tiga yang sudah mengiyakan.

"Tiga sudah mau ke Indonesia, yang dua lagi belum mau. Kita harus sentuh pihak keluarganya. Sebenarnya ada tujuh sebetulnya, jadi mungkin mohon izin apabila mereka kita hubungi, mohon percepatan karena bulan Februari sudah dipakai," lanjutnya.

Kini Ketum PSSI kembali memberikan kabar terbaru soal tujuh pemain keturunan yang diinginkan oleh Shin Tae-yong. Iwan Bula mengaku sudah melaporkan hal itu ke Presiden Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Presiden pada Kamis (8/9/2022).

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan menyebut Presiden tidak masalah soal naturalisasi tujuh pemain keturunan. (YouTube/Sekretariat Presiden)

"Kami melaporkan rencana naturalisasi yang diminta oleh pelatih. Ada tujuh pemain naturalisasi yang mungkin kita hire dari negaranya Belanda. Dua sudah pasti, lima sedang kita jajaki," ucap Iwan Bule dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

"Presiden (Jokowi) menyampaikan tidak masalah karena itu permintaan dari pihak pelatih (Shin Tae-yong)," imbuhnya.

Rapat terbatas dengan Presiden yang juga dihadiri Menpora Zainudin Amalai ini membahas terkait kesiapan Indonesia untuk Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Adapun timnas Indonesia U-19 kini juga sedang fokus untuk Kualifikasi Piala Asia U-20. Gelaran itu direncanakan di Gelora Bung Tomo, pada 14-18 September 2022.

BACA SELANJUTNYA

PSSI Sudah Kirim Surat ke FIFA soal Stadion Piala Dunia U-20 2023, Tapi Belum Direspons