Arif Budi Setyanto
Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Australia mundur dari bidding tuan rumah Piala Asia 2023. Keputusan itu membuat peluang Indonesia untuk menjadi host turnamen antarnegara Asia semakin terbuka lebar.

AFC sebelumnya membuka peluang negara kontestan untuk mengajukan penawaran menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 setelah China mundur. Ada empat negara yang tertarik, yakni Australia, Indonesia, Korea Selatan dan Qatar.

Akan tetapi, Australia mundur dari pengajuan itu. Kabar ini diketahui dari situs resmi federasinya pada Jumat (2/9/2022).

Baca Juga:
Viral Momen Panpel Masuk ke Lapangan saat Terjadi Protes di Laga Persik Kediri vs PSM Makassar

"Football Australia hari ini mengkonfirmasi bahwa mereka tidak akan melanjutkan pengajuan tawaran resmi untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023," tulis laporan dari Federasi Australia.

Kabar ini membuat media Vietnam takut karena Indonesia berpeluang besar jadi tuan rumah. Apalagi kini perwakilan AFC sudah melakukan inspeksi di tanah air.

"Menurut para ahli, Korea Selatan dan Indonesia adalah kandidat kuat. Indonesia paling menonjol karena mereka siap menjadi tuan rumah musim panas mendatang (16 Juni-16 Juli)," tulis laporan The Thao247 dilansir pada Sabtu (3/9/2022).

Baca Juga:
3 Pesepak Bola Indonesia yang Pindah Antarklub di Kasta Tertinggi Liga Eropa

Potret Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman dan Pratama Arhan saat Timnas Indonesia hajar Nepal 7-0 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

"Sementara itu, baik Korea maupun Qatar terhalang event lain dan ingin menunda jadwal Piala Asia. Indonesia juga memenuhi fasilitas karena mereka akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, yang terpenting jadwal kedua turnamen itu tidak bersamaan," sambung laporan itu.

Media Vietnam memang wajar ketakutan apabila Indonesia resmi jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Hal itu akan membuat anak asuh Shin Tae-yong bisa masuk ke pot 1 karena statusnya sebagai penggelar acara.

Jika itu terjadi, timnas Indonesia bisa terhindar untuk bentrok dengan tim-tim kuat seperti Arab Saudi, Jepang, Korea Selatan, hingga Iran.

Baca Juga:
Kisah Yance dan Yakob Sayuri, Si Kembar yang Jadi Andalan PSM Makassar

Di sisi lain, Vietnam yang tadinya ada di pot 2, bisa tergeser ke pot 3. Jika itu terjadi, maka Golden Star Warriors berpotensi ketemu lawan yang lebih kuat di Piala Asia 2023 mendatang.

Load More