Irwan Febri Rialdi
Pelatih Madura United, Dejan Antonic (Dok: pssi.org)

Bolatimes.com - Langkah pertama Dejan Antonic sebagai juru taktik baru Barito Putera di Liga 1 2022/23 tidak berjalan mulus. Pelatih asal Serbia itu menelan kekalahan telak.

Bertandang ke markas Madura United pada matchday pertama Liga 1 musim ini, Sabtu (23/7/2022), Barito menelan kekalahan telak 0-8.

Delapan gol itu dicetak oleh Ricky Ariansyah, Alberto Goncalves, Risaldi Malik, Pedro Henrique, pemain Barito Putera M Luthfi Kamal (gol bunuh diri), dan trigol dari Luiz Marcelo Morais dos Reis (Lulinha).

Dengan hasil ini, Madura United untuk sementara memuncaki klasemen, sedangkan Barito Putera menjadi juru kunci. Lantas, siapa sebetulnya Dejan Antonic yang menjadi pelatih Barito Putera saat ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Dejan Antonic

Antonic bukan nama baru di kancah sepak bola tanah air. Semasa masih aktif menjadi pemain, dirinya pernah singgah di beberapa klub di Indonesia.

Dia lahir pada 22 Januari 1969 di Belgrede, Yugoslavia yang sekarang ini dikenal sebagai Serbia. Antonic memulai karier sepak bola di klub lokal terbesar di Serbia, Red Star Belgrade. Pada 1987, Antonic dipanggil untuk bergabung di skuat Tim Nasional Yugoslavia.

Dalam perjalanan kariernya, Antonic lalu pergi ke Indonesia pada 1996 dengan bergabung ke Persebaya Surabaya. Selain Persebaya, Antonic juga sempat bermain untuk Persema Malang, Persita Tangerang, hingga Deltras Sidoarjo.

Setelah pensiun dari sepak bola. Antonic melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Mula-mula, ia membesut Kitchee yang bermain di Liga Hongkong pada 2005-2007.

Setelah malang melintang di luar negeri, Antonic akhirnya kembali ke Indonesia. Dari daftar kepelatihan dia pernah menangani Arema Indonesia selama 6 bulan pada 2012.

Setelah Singo Edan, Antonic berganti-ganti klub mulai dari melatih Produta, Pelita Bandung Raya, Persib Bandung, Borneo FC, Madura United, hingga PSS Sleman.

Setelah tidak mendapatkan hasil baik bersama PSS, Dejan Antonic sempat menganggur. Lalu pada Mei 2022 kemarin, dia resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Barito Putera.

Langkah persiapan Barito sebetulnya sudah terbilang apik dengan menembus babak perempat final Piala Presiden 2022. Namun, langkah impresif itu tidak berlanjut di Liga 1.

Pada pertandingan pertama Liga 1 2022/23, Barito Putera menelan kekalahan memalukan saat dilumat 8 gol tanpa balas oleh Madura United.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More