Irwan Febri Rialdi
Aksi Rizky Pora saat Barito Putera melawan Madura United di Piala Presiden 2022. (Instagram/psbaritoputeraofficial)

Bolatimes.com - Pekan pertama Liga 1 2022/23 langsung menghadirkan  kejutan. Adalah kekalahan telak yang dialami oleh Barito Putera dari Madura United sebagai kejutannya.

Laga yang berlangsung di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Sabtu (23/7/2022), berakhir dengan kemenangan Madura United melalui skor telak 8-0.

Delapan gol itu dicetak oleh Ricky Ariansyah, Alberto Goncalves, Risaldi Malik, Pedro Henrique, pemain Barito Putera M Luthfi Kamal (gol bunuh diri), dan trigol dari Luiz Marcelo Morais dos Reis (Lulinha).

Dengan hasil ini, Madura United untuk sementara memuncaki klasemen, sedangkan Barito Putera menjadi juru kunci. Bagi Joko Ribowo sendiri sebagai kiper, ini jelas bukan langkah awal yang bagus.

Kekalahan 0-8 yang diderita Barito Putera dari Madura United ini sendiri ternyata bukan skor besar pertama yang tercipta di Liga Indonesia.

Berikut ulasan skor besar yang terjadi di Liga Indonesia!

1. Persela vs PSPS

Momen ini terjadi di ajang Indonesia Super League (ISL) musim 2013. Laga antara Persela Lamongan vs PSPS Pekanbaru itu berakhir dengan skor 9-1 untuk kemenangan Persela.

Bukan cuma menjadi skor kemenangan terbesar di ISL, kemenangan ini juga menjadi rekor kemenangan terbesar Persela sepanjang keikutsertaan Persela di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

2. Arema Indonesia vs Bontang FC

Arema Indonesia pernah melumat Bontang FC pada gelaran Indonesian Premier League (IPL) 2011. Arema Indonesia melumat Bontang dengan skor 7-0.

Gol-gol Arema saat itu dicetak Achmad Amiruddin, Putut Waringin Jati, Anggo Julian, Jaya Teguh Angga dan hattrick Roman Chmelo.

3. Persija vs Putra Samarinda

Kemenangan besar pernah dirasakan oleh Persija di era ISL 2010/11. Saat itu Macan Kemayoran melumat Putra Samarinda dengan skor telak 7-2.

4. Mitra Kukar vs PSPS

Total ada 10 gol yang tercipta pada laga Mitra Kukar vs PSPS di gelaran ISL 2013. Mitra Kukar berhasil menghempaskan PSPS dengan kemenangan 8-2.

Lima dari 8 gol Mitra Kukar dicetak striker asal Montenegro, Ilija Spasojevic, pada menit 26, 38, 49, 69 dan 79. Sedangkan 3 gol lainnya masing-masing disumbangkan Esteban Herrera 43, Raphael Maitimo 58 (penalti), dan Zulham Zamrun 66. 

Sedangkan 2 gol penghibur PSPS diciptakan Isnaini pada menit 45 dan lewat tendangan bebas Khairunnas di menit 87.

5. Persipura vs Persidafon

Masih di pentas ISL 2013, kemenangan besar juga didapatkan Persipura saat melawan Persidafon Dafonsoro, Laga yang berlangsung pada 3 Juli 2013 itu dimenangkan Persipura dengan skor 8-1.

Pada akhir musim Persipura menjadi kampiun ISL 2013, sementara Persidafon harus terdegradasi dari kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More