Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia U-19 berpose sebelum berlaga melawan Filipina U-19 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-19 berencana menggelar pemusatan latihan (TC) di Eropa sebagai persiapan untuk mengarungi Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei-11 Juni 2023 mendatang.

Ketum PSSI Mochamad Iriawan mengungkapkan kemungkinan Timnas Indonesia U-19 akan TC di Belanda. Alasannya, karena pemain keturunan Indonesia yang masuk radar Shin Tae-yong berasal dari sana.

"Jadi, Shin bisa melihat pemain-pemain yang akan didatangkan ke timnas. Bukan pemain-pemain itu ke Indonesia. Nantinya di Belanda juga akan menghadapi tim-tim kuat dalam laga uji coba," kata Iriawan.

Bukan cuma Belanda, masi ada dua negara lain yang menjadi calon karena dianggap mempunyai kualitas bagus. Kedua negara itu yakni Spanyol dan Portugal.

"Jadi sebenarnya kami sedang memilih apakah Spanyol, Portugal atau Belanda. Kami akan merapatkan hal ini dengan Shin Tae-yong sebelum dia kembali ke Korea Selatan," tutur Iriawan.

PSSI memberikan kesempatan berlibur kepada Shin Tae-yong selama kurang lebih satu bulan setelah menjalani jadwal padat bersama timnas senior, U-23 dan U-19 Indonesia.

PSSI belum mengungkapkan jadwal TC timnas U-19 di Eropa, namun pada 10 Juli 2022, Shin sempat menyebut skuadnya akan berangkat ke Eropa pada September 2022 setelah menjalani Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Shin Tae-yong memperkirakan Garuda Nusantara akan berada di Eropa selama sekitar 50 hari.

Terdekat, timnas U-19 Indonesia akan berlaga dalam Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada 14-18 September 2022.

Dalam kompetisi yang akan berlangsung di Indonesia tersebut, Indonesia satu grup dengan Vietnam, Hong Kong dan Timor Leste. Shin menargetkan timnya lolos putaran final Piala Asia U-20 2023.

Shin Tae-yong sendiri menginginkan timnas U-20 diperkuat pemain luar negeri berdarah Indonesia dalam turnamen dunia itu.

Sebelumnya, sudah ada tiga nama asal Belanda yang mengikuti latihan bersama timnas U-19 yakni Kai Boham, Jim Croque dan Max Christoffel.

(Antara)

Load More