Rauhanda Riyantama
Potret pemain Timnas Indonesia U-19 yang diperkuat tiga pemain keturunan, Kai Boham, Jim Croque dan Max Christoffel. (Instagram/tim.nasional)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan kembali bersua dengan Vietnam di ajang Piala AFF U-19 2022 pada Sabtu (2/6/2022) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Shin Tae-yong selaku pelatih timnas U-19 Indonesia merasa timnya sudah mempersiapkan diri dengan baik, terutama jelang melawan Vietnam dan Thailand.

Pelatih asal Korea Selatan itu meminta anak asuhnya untuk tetap fokus menghadapi pertandingan dan tidak boleh lengah saat berhadapan dengan kedua tim tersebut.

Baca Juga:
Piala Indonesia 2022 Resmi Bergulir Mulai Agustus

Meski begitu, Shin Tase-yong belum memberi kepastian terkait siapa saja pemain yang bakal dijadikan sebagai starter di laga pembuka Piala AFF U-19 2022.

"Pastinya kami harus mempersiapkan diri dengan baik. Jadi, lawan Vietnam dan Thailand harus fokus," ucap Shin Tae-yong.

"Pemain tidak boleh lengah karena keduanya tim terkuat di ASEAN. Mereka akan memberikan saran agar tim main lebih baik untuk melakukan mengorbankan diri dengan baik.''

Baca Juga:
Jadwal Perempatfinal Piala Presiden 2022 Hari Ini: Persib Bandung vs PSS Sleman

"Sampai saat belum tahu siapa yang akan dipilih (pemain inti)," imbuhnya.

Vietnam akan menjadi lawan pertama Indonesia di laga pembuka Piala AFF U-19 2022, kemenangan tentu menjadi target yang harus dicapai.

Hasil itu dinilai mampu memberi gairah dan motivasi tinggi bagi para pemain, dalam melakoni laga-laga selanjutnya.

Baca Juga:
Mengenal Miguel Sitohang, Pemain Berdarah Batak yang Merupul di Liga Portugal

Sementara itu laga melawan Vietnam akhir pekan ini menjadi pertemuan ketujuh antara kedua tim, enam pertandingan di antaranya berakhir menyedihkan.

Timnas Indonesia masih belum bisa menemukan performa terbaik mereka saat berjumpa Vietnam, hal itu terbukti dengan empat kali kekalahan.

Dua lainnya berakhir dengan kemenangan meski salah satunya harus diraih lewat adu penalti dan satu lainnya menang dalam waktu normal.

Baca Juga:
Keterlaluan, Sang Istri Ikut Kena Hujat Netizen usai Jordi Amat Gabung JDT

Pertama kali kedua tim bertemu pada 2003, Garuda Muda saat itu dipecundangi Vietnam dengan skor 0-3 dan beberapa tahun kemudian kembali terjadi hal sama.

Tepatnya di Piala AFF U-19 2011, bahkan skuat Merah Putih dipermak Vietnam dengan skor 1-6 saat pertandingan digelar di Yangoon, Myanmar.

Timnas U-19 Indonesia baru bisa memetik kemenangan atas Vietnam pada Piala AFF U-19 2013 yang digelar di Sidoarjo, Indonesia.

Skuat asuhan Indra Sjafri saat itu berhasil menekuk Vietnam lewat adu penalti dengan skor akhir 7-6, itu terjadi setelah kalah dulu di fase grup dengan skor 1-3.

Satu-satunya kemenangan di waktu normal Indonesia atas Vietnam terjadi pada Piala AFF U-19 2018, skuat Garuda Muda menang dengan skor 1-0. Gol semata wayang timnas U-19 Indonesia saat itu dicetak Rafli Mursalim.

Berikut rekor pertemuan timnas U-19 Indonesia melawan Vietnam di Piala AFF U-19.

1. Indonesia vs Vietnam 0-3, Piala AFF U-19 2003
2. Indonesia vs Vietnam 1-6, Piala U-19 2011
3. Indonesia vs Vietnam 1-3, Piala AFF U-19 2011
4. Indonesia vs Vietnam 0-0 (pen, 7-6), Piala AFF U-19 2013
5. Indonesia vs Vietnam 0-3, Piala AFF U-19 2017
6. Indonesia vs Vietnam 1-0, Piala AFF U-19 2018

Kontributor: Eko Isdiyanto
Load More