Rauhanda Riyantama
Trofi Piala Asia. (Twitter/@registaco)

Bolatimes.com - Berikut empat alasan mengapa Indonesia bakal terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang empat tahunan, Piala Asia 2023.

Indonesia membuat gebrakan dengan mengajukan diri sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Asia untuk edisi 2023 tahun depan.

Kepastian ini didapatkan setelah PSSI mengonfirmasi bahwa Indonesia mengajukan diri usai mendapat restu dari Presiden Joko Widodo dan Menpora Zainudin Amali.

Baca Juga:
Istimewa, Fajar/Rian Cuma Butuh Waktu 29 Menit Bungkam Wakil Tuan Rumah di Malaysia Open 2022

‘’Setelah PSSI berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023,'' ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dilansir dari laman resmi PSSI.

“PSSI pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menpora Zainudin Amali yang telah mendukung rencana ini,” imbuhnya.

Indonesia tak sendiri dalam hal ini. Disebutkan Tanah Air akan bersaing dengan Jepang, Australia, Qatar dan Korea Selatan yang juga mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Baca Juga:
Lama Tak Naik Podium, Anthony Ginting Target Juara di Malaysia Open 2022

Kini, Indonesia melalui PSSI tengah mempersiapkan berkas-berkas dan melengkapi persyaratan, mengingat AFC memberi tenggat waktu hingga akhir Juni 2022.

Bersaing dengan negara-negara yang maju secara infrastruktur, Indonesia diyakini bakal sulit terpilih menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Namun, ada beberapa alasan mengapa Indonesia malah justru bisa terpilih sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Alasan apa saja itu?

Baca Juga:
Jelang Duel, Pelatih Timnas Vietnam U-19 Akui Timnas Indonesia U-19 sebagai Lawan Berat

1. Pengalaman Gelar Event Besar

Meski harus menghadapi Australia, Korea Selatan, Qatar dan Jepang, Indonesia bisa saja terpilih sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 karena punya pengalaman menggelar event besar.

Indonesia tercatat pernah menjadi tuan rumah Piala Asia 2007. Lalu juga berhasil menggelar Asian Games pada 2018 lalu.

Baca Juga:
Jelang Hadapi Klub Filipina, Teco Pede Bali United Lolos ke Semifinal Piala AFC 2022 Zona ASEAN

Berkat kesuksesan itu, Indonesia pun juga dipercaya menjadi host Piala Dunia U-20 dan bahkan FIBA Asian Cup pada 2022 ini serta Piala Dunia basket atau FIBA World Cup pada 2023 mendatang.

2. Animo Penonton

Bukan rahasia lagi jika Indonesia diisi oleh mayoritas masyarakat yang menggilai olahraga, salah satunya adalah sepak bola.

Dengan besarnya animo penonton, bisa saja AFC menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Asia 2023, agar pertandingan selalu dipadati penonton.

3. Infrastruktur yang Baik

Pengalaman menggelar berbagai event akbar membuat Indonesia kini memiliki infrastruktur olahraga yang mendukung.

Untuk stadion saja, Indonesia punya beberapa stadion yang telah diverifikasi FIFA dan dinilai layak untuk menggelar Piala Dunia U-20.

Alhasil, AFC tak perlu panik jika menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah, karena banyaknya infrastruktur yang layak untuk menjadi tempat pertandingan.

4. Kemampuan Bidding

Pengalaman Indonesia menggelar event-event olahraga kelas Asia dan dunia tak lepas dari kehebatan Tanah Air dalam melakukan Bidding.

Kehebatan Bidding ini bisa dibuktikan dengan keberhasilan Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 mengalahkan Brasil dan Peru.

Jadi, Indonesia pun berpotensi bisa memenangkan Bidding tuan rumah Piala Asia 2023 saat berhadapan dengan Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Qatar.

Load More