Irwan Febri Rialdi
Selebrasi para pemain Persib Bandung usai mencetak gol ke gawang Persija Jakarta. (Dok. LIB)

Bolatimes.com - Turnamen pramusim di Indonesia tidak lama lagi bakal bergulir. Adalah Piala Presiden 2022 yang bakal menjadi ajang pemanasan sebelum mengarungi Liga 1 2022/23.

Piala Presiden 2022 bakal diikuti oleh 18 tim peserta Liga 1 2022/23, termasuk ada tiga tim promosi dari Liga 2. Turnamen ini bakal bergulir dari 11 Juni hingga 17 Juli 2022.

Nah, dari 18 tim itu, telah dibagi menjadi empat grup yang akan digelar di Solo, Samarinda, dan Bandung. Laga pembuka Piala Presiden 2022 akan dimainkan pada 11 Juni 2022 mendatang.

Tuan rumah Persis Solo akan menjamu PSS Sleman pada duel yang berlangsung di Stadion Manahan Solo itu, Rencananya, laga tersebut juga bakal dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Ini bukan pertama kali Piala Presiden bergulir. Sebelumnya, turnamen itu sudah berlangsung pada 2015, 2017, 2018, dan 2019.

Piala Presiden 2022 berlangsung di empat kota selama fase grup. Adapun Grup A berlangsung di Stadion Manahan (Solo) di mana diisi oleh Persis, PSIS Semarang, Dewa United FC, Persita Tangerang, dan PSS Sleman.

Lalu Grup B Stadion Segiri (Samarinda) ada Borneo FC, Barito Putera, Persija Jakarta, Rans Nusantara FC, dan Madura United. Kemudian Grup C Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Bandung) ada Persib, Bhayangkara FC, Bali United, dan Persebaya Surabaya.

Grup terakhir yakni Grup D di Stadion Kanjuruhan (Malang). Mereka adalah Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, dan Persik Kediri.

Berikut prediksi Bolatimes tentang 4 tim yang punya peluang untuk menjadi kampiun Piala Presiden 2022.

1. Persis Solo

Meski berstatus sebagai tim promosi, Persis Solo punya persiapan sangat matang dengan mendatangkan sederet pemain bintang.

Terbaru mereka memperkenalkan penyerang anyar yang sempat menimba ilmu di akademi Barcelona, yaitu Gerard Artigas.

Dengan skuad yang saat ini mereka bangun, bukan tidak mungkin Persis Solo bakal melangkah jauh. Terlebih mereka dilatih oleh Jacksen F. Tiago.

2. Persib Bandung

Persib terbilang menjadi salah satu klub Liga 1 yang melakukan perombakan besar di dalam skuad mereka untuk mengarungi Liga 1 musim depan. 

Sejumlah pemain lawas akhirnya dilepas dan sederet pemain baru didatangkan. Di antaranya ada duo Persebaya, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto yang didatangkan oleh Maung Bandung.

3. PSIS Semarang

PSIS Semarang juga merupakan tim Liga 1 yang banyak melakukan manuver transfer untuk persiapan musim depan. Dua transfer yang mereka lakukan bahkan terbilang ciamik.

PSIS berhasil mendatangkan striker Arema FC musim lalu, Carlos Fortes, dan pemain Jepang yang musim lalu membela Persebaya, Taisei Marukawa.

4. Arema FC

Arema FC menjadi tim Liga 1 selanjutnya yang banyak melakukan pergerakan transfer untuk mengarungi musim depan.

Mereka mendatangkan Evan Dimas, Adam Alis, Gian Zola, dan Rendika Rama pada April. Tak berselang lama merekrut Hasyim Kipuw, Ilham Udin Armaiyn, dan Hanis Saghara.

Selain kekuatan tambahan dari pemain baru, Arema juga mempertahankan tiga pemain asing dan pelatih mereka, Eduardo Almeida.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More