Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih Thailand Alexandre Polking (kiri) merayakan kemenangan tim pada leg pertama pertandingan semifinal sepak bola Piala AFF 2020 melawan Vietnam di Stadion Nasional di Singapura pada 23 Desember 2021. Roslan RAHMAN / AFP

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Thailand U-23, Alexandre Mano Poling, membuat pernyataan berbau sindiran ke Shin Tae-yong pasca meraih kemenangan atas timnas Indonesia U-23 pada laga semifinal, Kamis (19/5/2022). Ia menyebut persiapan timnya sangat singkat.

Timnas Thailand kembali jadi batu sandungan skuad Garuda Muda di multievent dua tahunan terakbar Asia Tenggara itu. Mereka menumbangkan timnas Indonesia dengan skor 1-0 di Stadion Thien Truong, Vietnam.

Hasil ini membuat timnas Indonesia memperpanjang puasa medali emas dari cabang olahraga sepak bola putra SEA Games sejak kali terakhir merengkuhnya pada 1991.

Baca Juga:
Bikin 3 Pemain Indonesia Dikartu Merah, Instagram Jonathan Khemdee Langsung Lenyap

Alexandre Polking mengaku sangat lega anak asuhnya mampu mengalahkan Indonesia. Dia senang dan bangga timnas Thailand bisa melaju ke final meski minim persiapan.

Berbeda dengan Indonesia yang menggelar training camp (TC) di Korea Selatan sekitar enam pekan sebelum SEA Games 2021, Thailand baru mengumpulkan skuad di detik-detik akhir kompetisi berlangsung.

"Senang, bahagia, bangga dengan pemain kami lebih dari yang semua orang tahu," kata Polking dikutip dari Siamsport, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga:
Santai Timnas Indonesia U-23 Gagal ke Final, Ketum PSSI: Belum Rezeki

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong (kanan). [ANTARA FOTO/Zabur Karuru]

"Saya hanya punya satu atau dua hari sebelum mengumpulkan 20 pemain dan datang ke sini tanpa waktu untuk berlatih bersama."

"Namun saya sangat mengagumi para pemain. Kami semua berjuang bersama, menunjukkan semangat yang hebat dan berjuang sebagai tim yang hebat untuk lolos ke final,” imbuhnya.

Timnas Indonesia kali terakhir mendapat medali emas pada SEA Games 1991. Kali itu, tim Merah Putih diperkuat para legenda seperti Widodo Cahyono Putro, Sudirman, dan bambang Nurdiansyah.

Baca Juga:
Kronologi 3 Pemain Indonesia Dikartu Merah Akibat Ribut dengan Thailand hingga Akun IG Khemdee Hilang

Di final, Thailand akan bersua tuan rumah Vietnam. Sementara Timnas Indonesia U-23 akan bersua dengan Malaysia dalam perebutan medali perunggu pada 22 Mei mendatang.

Load More