Rauhanda Riyantama
Timnas Indonesia U-23 jalani TC di Korea Selatan. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Asa timnas Indonesia U-23 meraih medali emas di SEA Games 2021 kembali terbuka lebar, sejumlah alasan pendukung membuat skuat asuhan Shin Tae-yong layak merengkuhnya kali ini.

Target medali emas SEA Games 2021 diusung timnas Indonesia U-23 di bawah komando Shin Tae-yong dengan persiapan matang yang sudah dilakukan.

Pemusatan latihan yang digelar di Indonesia dan Korea Selatan seolah menjadi bukti bagaimana Shin Tae-yong benar-benar ingin anak asuhnya meraih medali emas.

Baca Juga:
Tak Kunjung Perkenalkan Rekrutan Anyar, Ini Alasan Persija Jakarta

Selain itu setidaknya terdapat beberapa alasan lain yang membuat skuat Garuda Muda bersiap merengkuh medali emas SEA Games untuk pertama kalinya sejak 31 tahun lalu.

1. Berisi Pemain Timnas Indonesia Piala AFF 2020

Dilihat dari para pemain yang masuk pemusatan latihan di Korea Selatan, banyak nama-nama yang bermain di Piala AFF 2020 di timnas senior.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-23 Kunjungi SD Shin Tae-yong saat Jalani TC di Korea Selatan

Tentunya hal ini menjadikan kekuatan timnas Indonesia U-23 layak dimasukkan ke dalam kandidat sepak bola SEA Games 2021.

Para pemain dengan pengalaman yang banyak, apalagi di Piala AFF 2020 dengan para pemain muda sukses melaju ke final.

2. Pemain Saling Mengerti Satu Sama Lain

Baca Juga:
Momen Pemain Atletico Madrid U-18 Jadi Korban Offside Gaib Wasit Indonesia di IYC 2021

Kebanyakan pemain timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021 merupakan orang-orang yang dipercaya membela timnas senior di Piala AFF 2020.

Jika dibandingkan dengan tim negara lain, Indonesia menjadi salah satu tim dengan pemain yang saling mengerti satu sama lain lebih baik.

Kondisi ini menjadi nilai tambahan yang baik dalam mengarungi SEA Games 2021 dengan target medali emas.

Baca Juga:
Riki Dwi Saputro Diperkenalkan Persekat Tegal dan PSS Sleman, Begini Penjelasan APPI

3. Haus Gelar

Usai gagal meraih gelar di Piala AFF 2020 setelah kalah dari Thailand, para pemain Indonesia dengan skuat saat ini tentu haus akan gelar.

Para pemain yang di Piala AFF 2020 tentu ingin membalas kegagalan itu dengan sebaik mungkin di SEA Games 2021 di Vietnam.

Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman hingga Pratama Arhan menjadi beberapa pemain yang haus akan gelar meskipun baru sekelas SEA Games 2021.

4. Sosok Shin Tae-yong

Duel pelatih juga menjadi faktor penentu persaingan di SEA Games 2021 terjadi secara ketat, Indonesia memiliki Shin Tae-yong sosok pelatih level Piala Dunia.

Sementara Thailand memiliki Alexandre Poelking dan Vietnam memiliki kompatriot Shin Tae-yong, yakni Park Hang-seo.

Sementara Malaysia juga muncul dengan mantan sosok penting dari Federasi Sepak Bola Korea Selatan, Kim Pan Gon.

Bagi Shin Tae-yong, medali emas SEA Games 2021 juga menjadi kesempatan untuk merengkuh gelar pertama kali sejak ditunjuk sebagai pelatih kepala timnas Indonesia.

5. Persiapan Matang

Pemusatan latihan yang digelar di Jakarta dan Korea Selatan merupakan bentuk keseriusan Shin Tae-yong dalam membentuk tim yang matang.

Tujuannya tak hanya sekadar latihan, tetapi juga kemudahan skuat Garuda Muda dalam menjalani pertandingan, baik itu latihan maupun laga resmi.

Dan akhirnya performa maksimal timnas Indonesia U-23 saat tampil di fase grup hingga menuju partai final SEA Games 2021.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Load More