Rauhanda Riyantama
Pemain Persib Bandung merayakan gol Kakang Rudianto ke gawang Persikabo. (Dok. Persib)

Bolatimes.com - Tiga klub kontestan Liga 1 2022 bikin rekor. Secara mengejutkan mereka masuk dalam 10 besar klub termahal di Asia Tenggara.

Perhitungan klub termahal ini dilakukan dengan melihat harga pasar pemain dari laman transfermarkt. Dari jumlah yang sudah dikalkulasikan muncullah data klub dengan atribut pemain termahal.

Dikutip dari laman Twitter @aseantutbol, mereka mengunggah daftar 10 klub termahal di Asia Tenggara. Dan dari Indonesia, mereka menyatakan Persib Bandung, Bali United, dan Persebaya Surabaya yang masuk di dalamnya.

Baca Juga:
Deretan Pemain dengan Koleksi Gelar Terbanyak di Real Madrid

Sebelum membahas ketiga klub asal ini, laman aseanfutbal menyatakan bahwa daftar 10 klub dengan skuat termahal didominasi oleh Thailand. Tercatat, klub asal Negeri Gajah Perang mengirim 5 wakil.

Selain Thailand ada klub kaya raya asal Malaysia: Johor Darul Ta'zim. Klub yang pernah disinggahi Syahrian Abimanyu ini punya skuad bernilai 7,2 juta euro atau setara Rp 117 miliar.

Adapun, di posisi teratas dihuni oleh Buriram United. Skuad mereka memiliki nilai pasar 7,5 juta euro atau setara Rp 122 miliar.

Baca Juga:
Profil Vahid Halilhodzic, Pelatih Maroko yang Ribut dengan Hakim Ziyech

Nah, untuk 3 klub asal Indonesia yang disebutkan di atas, Bali United menjadi yang termahal dibanding Persib dan Persebaya. aseanfutbol mencatat, Serdadu Tridatu punya nilai pasar skuad Rp 5,3 juta euro atau 86 miliar.

Di satu sisi, Persib yang menempati posisi kedelapan punya nilai pasar 5,2 juta euro. Jika dirupiahkan, skuat Maung Bandung ini bernilai Rp 85 miliar.

Baca Juga:
Seperti Wanita Biasanya, Georgina Rodriguez Hobi Makan tapi Takut Gendut

Kontributor: Kusuma Alan
Load More