Rauhanda Riyantama
Momen laga timnas Indonesia vs Singapura. (Dok. Piala AFF)

Bolatimes.com - Peringkat Indonesia di ranking FIFA naik setelah meraih dua kemenangan atas Timor Leste di FIFA Match Day pada akhir Januari lalu.

Anak asuh Shin Tae-yong berhasil melumat Timor Leste dalam dua kali pertemuan yang berlangsung di Bali, masing-masing dengan skor 4-1 dan 3-0.

Kemenangan atas Timor Leste ini membuat Timnas Indonesia meraih 7,65 poin. Tak pelak, penambahan poin ini membuat ranking tim Merah Putih melejit.

Baca Juga:
Malaysia Menanti Pemain dari Amerika Serikat untuk Piala AFF U-23 2022

Dilansir dari laman FIFA, ranking Timnas Indonesia yang sebelumnya ada di peringkat ke-164, kemudian naik ke peringkat 160 menggeser Singapura.

Karena berhasil menggeser Singapura di ranking FIFA, alhasil Timnas Indonesia masuk ke pot 3 dalam drawing Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 24 Februari 2022 mendatang.

Naiknya Timnas Indonesia ke pot 3 otomatis membuat tim Merah Putih berkesempatan berada dalam satu grup dengan tim dari pot ke-4.

Baca Juga:
Asisten Shin Tae-yong Ungkap Kemungkinan Coret Pemain Jelang Piala AFF U-23

Adapun, pot 4 pada drawing Kualifikasi Piala Asia 2023 dihuni oleh Bangladesh, Mongolia, Nepal, Sri Lanka, Guam/Kamboja, dan Singapura.

Nah, artinya Indonesia berpeluang bertemu dengan Singapura yang telah menjadi rival tim 'Merah Putih'. Duel kedua tim diprediksi bakal berjalan panas, seperti duel-duel sebelumnya.

Meski Singapura kini berada di bawah Indonesia secara rangking FIFA dan posisi di pot drwaing, Singapura tetap bukan lawan yang mudah buat Indonesia.

Baca Juga:
Tiga Pemain Positif Covid-19, Persija Jakarta Perketat Sistem Bubble

Hal ini dibuktikan dalam catatan statistik Timnas Indonesia vs Singapura. Kedua tim tercatat sudah pernah bertemu sebanyak 59 kali di semua kompetisi sejak 1958.

Dari jumlah tersebut, Tim Merah-Putih lebih dominan dibandingkan Singapura. Timnas Indonesia berhasil meraih 30 kemenangan, 11 hasil imbang, dan menelan 18 kekalahan.

Namun, pemandangan menarik justru terjadi dalam head-to-head Indonesia vs Singapura di Piala AFF atau dulu Piala Tiger. Dari 11 pertemuan,  Singapura mampu meraih 5 kemenangan, 3 kali imbang, dan 3 kali kalah.

Baca Juga:
Cedera, Adilson Maringa Bakal Absen Bela Arema FC Lawan Persija Jakarta

Panas dan sengitnya pertandingan antara Timnas Indonesia vs Singapura baru saja tersaji di semifinal Piala AFF 2020.

Pada leg pertama, Indonesia dan Singapura bermain imbang 1-1. Lantas pertandingan seru dan menegangkan terjadi di leg kedua.

Indonesia hampir saja kalah 3-2 ketika Singapura mendapat penalti di pengujung babak kedua. Beruntung Nadeo Argawinata mampu menggagalkan tendangan penalti Fars Ramli.

Di babak pertama extra time, Indonesia mencetak dua gol melalui bunuh diri Shawal Anuar dan Eggy Maulana Vikri. Skor 4-2 bertahan hingga peluit panjang babak tambahan kedua dan Indonesia berhak melaju ke final dengan agregat 5-3.

Selain Singapura yang berpotensi jadi lawan Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, lawan-lawan lain dari pot 1 dan 2 yang di atas kertas lebih unggul juga patut diwaspadai oleh Timnas Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More