Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Gol Ivan Carlos ke gawang Persebaya Surabaya. (Dok. Liga 1)

Bolatimes.com - Kabar baik datang terkait situasi Covid-19 di gelaran Liga 1 2021. Dokter Satgas Covid-19, Alfan Nur Asyhar menyatakan bahwa ada 19 pemain yang dinyatakan sembuh per Rabu (2/2/2022).

Informasi itu menjadi kabar baik di tengah tingginya penyebaran virus Corona di Liga 1 2021. Alfan berharap angka kesembuhan terus meningkat setelah 68 orang --dari pemain dan ofisial-- yang terpapar Covid-19.

"Untuk kesembuhan sampai hari ini (kemarin), kami mulai dari pemeriksaan 19 orang dinyatakan sembuh," kata Alfan Nur Asyhar dalam konferensi pers, Rabu (2/2/2022).

Baca Juga:
Persebaya Krisis Pemain, Aji Santoso Ragu Lepas Marselino cs ke Timnas U-23

Jumlah tersebut belum ditambah beberapa kasus baru seperti enam pemain Persik Kediri, sejumlah penggawa Persebaya Surabaya dan Persib Bandung yang terdeteksi positif Covid-19 saat dilakukan tes, Rabu (2/2/2022).

"Untuk kasus (positif Covid-19) memang ada peningkatan, tapi kasus ini ketika ambil (sampel) PCR itu berdasarkan hasil pengambilan reguler," terangnya.

"Itu biasanya kita main empat hari sekali, berarti setiap empat hari diambil. Dari pengambilan itu, fluktuatif. Ada yang positif, ada yang sembuh. Ada yang positif, ada yang sembuh. Jadi dinamis," ungkapnya.

Baca Juga:
Profil Sergio Aguero, Pemain Argentina yang Akan Dinaturalisasi Malaysia

Alfan menyebut meski tingkat penularan Covid-19 di beberapa klub Liga 1 cukup tinggi, namun tingkat kesembuhan juga terhitung cukup cepat. Selain itu, para pemain yang terpapar hampir 90 persen tidak bergejala.

"Sisanya gejala ringan, contohnya tenggorokan gatal, terus pilek, tapi tidak sampai yang keluar ingusnya, seperti hanya sedikit meler," jelasnya.

"Demam tinggi enggak ada, jadi hanya merasa badannya sedikit tidak enak, hangat, tapi hangat juga ini kriterianya di 36,5 derajat celcius, lalu 36,8 derajat. Masih di bawah 37,5 derajat sebagai syarat tidak boleh masuk ke stadion," ujarnya.

Baca Juga:
Sindiran Pemain Persebaya soal Kontroversi Offside Taisei Marukawa

Adapun akibat peningkatan kasus positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir, PT LIB sudah menunda dua pertandingan pekan ke-22, yaitu laga Madura United vs Persipura Jayapura dan PSM Makassar vs Persib Bandung.

Load More