Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Aksi Marselino Ferdinan bersama Timnas Indonesia U-23 saat behadapan dengan Australia di babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Persebaya Surabaya kini sedang krisis pemain akibat banyak yang dinyatakan positif Covid-19. Akibat kondisi ini, pelatih Aji Santoso mulai pikir-pikir untuk melepas tiga pemainnya gabung Timnas Indonesia U-23 yang akan tampil di Piala AFF U-23.

Menurut Aji Santoso, jika tiga pemain di atas dilepas ke timnas, jumlah pemain Persebaya akan kian menipis. Seperti pada laga kontra PSIS Semarang, Rabu (2/2/2022) malam WIB, Persebaya kehilangan 12 pemain termasuk di dalamnya ada nama Rachmat Irianto.

Andai Marselino dan Rizky Ridho ke timnas, Persebaya akan kehilangan 14 pemain. Itu berarti hanya ada 13 pemain yang siap untuk menghadapi Persipura Jayapura dalam lanjutan Liga 1 2021, Minggu (6/2/2022). Sementara regulasi mengharuskan minimal ada 14 pemain dalam daftar termasuk penjaga gawang.

Baca Juga:
Sindiran Pemain Persebaya soal Kontroversi Offside Taisei Marukawa

"Jika nanti (Rizky) Ridho sama Marsel (Marselino Ferdinand), jadi kami tinggal 13 pemain, enggak akan mungkin bisa bermain,” kata Aji Santoso usai pertandingan kontra PSIS, dilansir dari Suara.com.

Lebih lanjut, Aji akan melihat perkembangan terkait 12 pemain yang saat ini tengah dinyatakan positif. Jika belum ada perubahan, ia akan berkomunikasi dengan manajemen untuk dilakukan penundaan.

Dengan begitu, Marselino Ferdinan, Rizky Ridho, dan Rachmat Irianto bisa memenuhi panggilan Timnas Indonesia. Dalam hal ini Aji menerangkan tidak ada maksud menghalangi pemain ke tim nasional.

Baca Juga:
Senegal ke Final Piala Afrika 2021, Sadio Mane: Kami Pantas Menang

"Nanti saya akan berkomunikasi dengan manajemen, kalau pemain nasional mereka harus dipaksa harus berangkat, ya mungkin nggak apa- apa, tapi pertandingan harus ditunda, karena pemain kami tidak cukup sekarang," Aji menambahkan.

"Saya sih berharap mereka bisa bertahan, tetapi kalau coach Shin Tae-yong menginginkan mereka ya kompensasinya pertandingan berikutnya Persebaya nggak bisa main," pungkasnya.

Adapun training camp (TC) Timnas Indonesia U-23 akan dimulai di Bali pada 3-10 Februari sebagai persiapan menghadapi Piala AFF U-23 2022 di Kamboja yang akan begulir pada 14 Februari mendatang. Garuda Muda berada di Grup B bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Baca Juga:
Tak Mau Kalah, Kamboja Seleksi 74 Pemain untuk Piala AFF U-23 2022

Load More