Rauhanda Riyantama
Logo PSSI. [laman resmi PSSI]

Bolatimes.com - AFC telah membatalkan Piala AFC 2021 zona ASEAN sehingga Bali United dan Persipura Jayapura batal mentas. Mendengar kabar ini, PSSI memberikan responnya.

Pembatalan tersebut disampaikan oleh AFC melalui rilisnya, Rabu (7/7/2021). Adapun PSSI juga telah menerima surat resmi terkait masalah ini dari AFC.

Disebutkan Sekjen PSSI, Yunus Nusi batalnya Piala AFC 2021 Zona ASEAN karena pandemi Covid-19. Seperti diberitakan sebelumnya, AFC sulit mencari tuan rumah untuk menggelar tiga grup Zona Asia Tenggara yakni G, H, dan I.

Baca Juga:
Piala AFC 2021 Zona ASEAN Batal, Bali United dan Persipura Gagal Mentas

Pada awalnya, Grup H dan I akan digelar di Singapura. Namun, seiring berjalannya waktu Singapura mundur karena kasus positif virus Corona di negara tersebut sedang meningkat.

"PSSI telah menerima surat sirkuler resmi yang dikirimkan oleh AFC kepada para anggota asosiasi yang berpartisipasi pada gelaran Piala AFC 2021," kata Yunus Nusi dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com.

"Mereka menyampaikan secara tertulis tentang alasan penundaan karena pandemi Covid-19 masih menjadi alasan utama," jelasnya.

Baca Juga:
Italia ke Final Euro 2020, Wanda Nara Tampil Seksi Lakukan Selebrasi

Yunus menerangkan PSSI sejatinya menyayangkan adanya penundaan ini. Namun, harus dimaklumi karena situasi dan kondisi pandemi Covid-19 memang menyulitkan.

Bahkan, AFC sudah menawarkan beberapa federasi di ASEAN untuk jadi tuan rumah termasuk PSSI. Indonesia bahkan terus berupaya agar bisa menjadi tuan rumahnya.

Namun, karena masih tingginya angka kasus covid-19 dan masih berlangsungnya upaya vaksinasi untuk masyarakat umum, maka keinginan untuk menjadi tuan rumah tidak bisa terealisasi.

Baca Juga:
Salut! Lionel Messi Main dengan Kaki Berdarah di Laga Argentina Vs Kolombia

"Sangat disayangkan dua tim perwakilan Indonesia, yakni Bali United dan Persipura belum bisa tampil dalam turnamen ini," Sambungnya.

"Saat ini PSSI telah mengirimkan dan menembuskan surat tersebut kepada Bali United dan Persipuraā€¯ pungkas mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut.

Seperti diketahui, semula Bali United berada di Grup G bersama Boeung Ket Hanoi FC, dan pemenang play-off 1. Sementara Persipura berada di Grup H dengan Kedah Darul Aman, Lion City Sailors, dan Saigon FC.

Baca Juga:
Singkirkan Kolombia, Argentina Tantang Brasil di Final Copa America 2021

Load More