Rauhanda Riyantama
Selebrasi M. Rahmat usai bikin gol di laga debut bersama Bali United ke gawang Tampines Rovers. (Dok. Bali United)

Bolatimes.com - Piala AFC 2021 Zona ASEAN resmi dibatalkan oleh AFC. Akibatnya, dua wakil Indonesia yakni Bali United dan Persipura Jayapura pun gagal mentas.

Sebelum batal, Piala AFC 2021 Zona ASEAN meliputi Grup G, H, dan I. Bali United ada di Grup G, sementara Persipura tergabung di Grup H.

Pembatalan ini dikarenakan sulitnya mencari tuan rumah Zona ASEAN karena pandemi Covid-19. Sebelumnya, pertandingan Grup H dan I akan berlangsung di Singapura.

Baca Juga:
Italia ke Final Euro 2020, Wanda Nara Tampil Seksi Lakukan Selebrasi

Namun, dalam perjalanannya Singapura mundur lantaran melonjaknya kasus positif Virus Corona. Sementara Grup G sejak awal belum ditentukan di mana akan berlangsung.

"Semua pertandingan Zona ASEAN Piala AFC 2021, yang terdiri dari Grup G, H dan I serta Babak Play-off telah dibatalkan," demikian pernyataan resmi AFC dikutip dari laman resmi, Rabu (7/7/2021).

"Hal itu karena tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi global dalam menemukan yang cocok untuk tuan rumah menggelar pertandingan terpusat."

Baca Juga:
Salut! Lionel Messi Main dengan Kaki Berdarah di Laga Argentina Vs Kolombia

Meski telah membatalkan Zona ASEAN, AFC tetap melanjutkan zona-zona lainnya setelah mendapat persetujuan Komite Eksekutif AFC pada 5 Juli lalu. Namun, ada penyesuaian format yang dilakukan.

"Pertandingan dan grup Piala AFC 2021 di seluruh Zona yang tersisa akan terus mempertahankan struktur keseluruhan kompetisi dengan mempertimbangkan format yang ada serta ketersediaan tuan terpusat di setiap Zona," tulis pernyataan tersebut.

AFC juga mengumumkan adanya penundaan drawing babak gugur Piala AFC 2021. Semula berlangsung pada 7 Juli, mundur sampai 4 Agustus mendatang.

Baca Juga:
Singkirkan Kolombia, Argentina Tantang Brasil di Final Copa America 2021

"Undian tahap Knock-out Piala AFC yang semula dijadwalkan 7 Juli 2021, ditunda sementara hingga 4 Agustus 2021," pungkas pernyataan AFC.

Load More