Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-22. (Dok. PSSI).

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-22 selangkah lagi bisa memenangkan medali emas SEA Games 2019. Syaratnya tentu saja mengalahkan Vietnam dalam pertandingan final di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12/2019) malam WIB.

Duel kedua tim tersebut diprediksi akan sangat menarik. Sebab, kedua tim sama-sama memburu medali emas setelah bertahun-tahun gagal menjadi kampiun di cabang olahraga tersebut.

Perjalanan kedua tim menuju final pun terbilang bagus. Timnas Indonesia U-22 hanya menelan kekalahan sekali sebelum akhirnya bisa berlaga di final.

Baca Juga:
Arsenal Akhirnya Menang, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris 2019/2020

Para pemain Timnas Indonesia U-22 merayakan gol penyerang Osvaldo Haay (kedua kanan) ke gawang Brunei Darussalam dalam pertandingan Grup B cabang olahraga sepakbola SEA Games 2019 di Stadion Binan Football, Laguna, Filipina, Selasa (3/12/2019) malam WIB. [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]

Uniknya, kekalahan tersebut didapat dari Vietnam dengan skor 1-2 saat masih di fase grup. Setelah kekalahan itu, Indonesia bisa bangkit dan lolos ke semifinal sebagai runner-up Grup B dengan perolehan 12 poin dan akan melawan jawara Grup A Myanmar.

Sementara performa Vietnam terbilang sangat oke. Mereka sama sekali belum terkalahkan. Vietnam hanya sekali mendapat hasil imbang 2-2 saat melawan Thailand saat di laga pamungkas Grup B.

Atas pencapaian itu, Vietnam lolos ke semifinal sebagai juara Grup dengan 13 poin. Sebagai juara Grup B, Vietnam melawan runner up Grup A.

Baca Juga:
Soal Rekor Tak Terkalahkan Liverpool, Jurgen Klopp Pilih Cuek

Kedua tim sama-sama meraih hasil positif di semifinal. Timnas Indonesia U-22 mampu mengalahkan Myanmar 4-2 dan Vietnam bisa pecundangi Kamboja 4-0.

Striker Timnas Vietnam U-22, Ha Duc Chinh (nomor 9). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).

Selain itu, kedua tim memiliki statistik serupa yaitu memasukan 21 gol dan empat kali kebobolan. Kedua tim juga sama-sama memiliki pencetak gol terbanyak di SEA Games edisi kali ini.

Osvaldo Haay dari Indonesia dan Ha Duch Chinh dari Vietnam. Keduanya sama-sama telah menciptakan delapan gol dari enam pertandingan.

Baca Juga:
Jadwal Liga Champions Pekan Ini: Peluang Terakhir Liverpool ke 16 Besar

Osvaldo dan Duc Chinh sama-sama berpotensi menambah pundi-pundi gol dari pertandingan final ini. Oleh sebab itu, laga ini sangat menarik untuk ditunggu.

Berikut statistik perjalanan Timnas Indonesia U-22 dan Vietnam di SEA Games 2019:

Timnas Indonesia U-22

Baca Juga:
Dikalahkan Wakil Malaysia, Ruselli Hartawan Raih Perak di SEA Games 2019

Babak Grup B

  • Indonesia 2 vs 0 Thailand
  • Indonesia 2 vs 0 Singapura
  • Indonesia 1 vs 2 Vietnam
  • Indonesia 8 vs 0 Brunei Darussalam
  • Indonesia 4 vs 0 Laos
    (Lolos ke semifinal sebagai runner up)

Semifinal

  • Indonesia 4 vs 2 Myanmar

Total: lima kemenangan dan satu kekalahan
Gol: 21
Kemasukan: 4
Top skorer: Osvaldo Haay (8 gol)

Timnas Vietnam U-22

Babak Grup B

  • Vietnam 6 vs 0 Brunei Darussalam
  • Vietnam 6 vs 1 Laos
  • Vietnam 2 vs 1 Indonesia
  • Vietnam 1 vs 0 Singapura
  • Vietnam 2 vs 2 Thailand
    (Lolos ke semifinal sebagai juara grup)

Semifinal

  • Vietnam 4 vs 0 Kamboja

Total: lima kemenangan dan satu hasil imbang
Gol: 21
Kemasukan: 4
Top skorer: Ha Duc Chinh (8 gol)

Load More