Galih Priatmojo
Laga uji coba timnas Indonesia U-19 vs Tim Pra PON DKI Jakarta di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (5/10/2019). (Adie Prasetyo Nugraha/suara.com).

Bolatimes.com - Hasil oke didapat Timnas Indonesia U-19 saat melakoni laga uji coba menghadapi tim Pra PON DKI Jakarta. Skuat asuhan Fakhri Husaini tersebut menang meyakinkan 3-0 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (5/10/2019).

Uji coba yang dilakukan Garuda Nusantara ini merupakan persiapan sebelum menjalani Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 pada November 2019 mendatang.

Pertandingan berjalan cukup sengit karena Pra PON DKI sempat memberikan perlawan terutama di babak pertama. Para pemain Pra PON DKI yang memang usianya ada di atas timnas Indonesia U-19 memberikan tekanan kepada David Maulana dan kawa-kawan.

Baca Juga:
Masih Panas! Kicauan Pedas Aubameyang Ditanggapi Begini oleh Bos Dortmund

Meski jual beli serangan ditunjukkan, belum ada gol yang dibuat dari kedua tim.

Pada babak kedua, Pelatih timnas Indonesia U-19 Fakhri Husaini membuat beberapa perubahan.

Pelatih timnas Indonesia U-19 Fakhri Husaini saat memberikan keterangan pers usai uji coba melawan tim Pra PON DKI Jakarta, Sabtu (5/10/2019). (Adie Prasetyo Nugraha/suara.com).

Hampir seluruh pemain yang ada di babak pertama diganti oleh pemain lain. Strategi Fakhri terbukti jitu, karena tiga gol berhasil bersarang di gawang Pra PON DKI di babak kedua.

Baca Juga:
Nih Aksi Kocak Gelandang Bali United Joged Entah Apa yang Merasukimu

Tiga gol timnas Indonesia U-19 dibuat oleh Sutan Zico, Braif Fatari, dan Khairul Imam Zakiri. Tiga gol tersebut merupakan assist dari Rendy Juliansyah.

Fakhri mengatakan tidak melihat hasil dari pertandingan uji coba ini. Sebab, ia mengaku memiliki tujuan lain dari pertandingan pagi ini.

"Hasil itu penting, tapi bukan itu tujuan utama kami dalam uji coba pagi ini. Kami ingin melihat sejauh mana pemain lama bisa beradaptasi dengan yang baru atau sebeliknya," kata Fakhri usai pertandingan.

Baca Juga:
Gareth Bale Terancam Sanksi Jutaan Rupiah Gara-gara Lakukan Ini

"Kemudian sampai sejauh mana fisik mereka terutama sanggup main dengan tempo tinggi dan syukur Alhamdulillah apa yang dilihatkan pemain di babak pertama atau babak kedua cukup memuaskan kami. Meski ada beberapa catatan yang harus diperbaiki di sisa waktu yang ada," tambahnya.

Pelatih tim Pra PON DKI Jakarta Isman Jasulme saat memberikan keterangan pers usai uji coba melawan timnas Indonesia U-19, Sabtu (5/10/2019). (Adie Prasetyo Nugraha/suara.com).

Sementara itu, Pelatih Pra PON DKI Jakarta Isman Jasulme menyebutkan bahwa timnas U-19 punya prospek yang cerah. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperbaiki oleh Pasukan Merah Putih.

"Mereka (timnas U-19) itu harus cepat keluar jika dalam pressing lawan. Itu saja sih kelemahan yang kelihatan," ujar Isman.

Baca Juga:
Tanpa Evan Dimas, Barito Siapkan Pemain Ini Hadapi Kalteng Putra

Menurut Isman, timnas U-19 bisa main lebih menekan jika lawan yang dihadapi usianya setara. Diaketahui, tim PON DKI Jakarta ada yang usianya lebih dari 19 tahun.

"Tapi, kan kita juga harus tahu mereka nanti lawannya bukan hanya dari negera ASEAN saja. Mudah-mudahan mereka bisa keluar dari pressing dengan cepat. Itu masukan dari kita yang harus segera diperbaiki," katanya.

Load More