Galih Priatmojo
Kiper timnas Indonesia Andritany Ardhiyasa (kanan) dan sejumlah pemain berlatih di Stadion Nasional, Singapura, Kamis (8/11/2018). Timnas Indonesia akan menjalani laga perdana penyisihan grub B Piala AFF 2018 melawan timnas Singapura di Stadion Nasional, Singapura pada Jumat 9 November 2018. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Bolatimes.com - Penjaga gawang Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa ditunjuk sebagai kapten Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Malaysia pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (5/9/2019).

Pelatih Simon McMenemy mengungkapkan bahwa Andritany layak memimpin tim nasional. Pengalamannya yang banyak, jadi salah satu pertimbangannya.

Selain itu, McMenemy memang sengaja memilih penjaga gawang untuk memimpin rekan-rekannya dalam sebuah pertandingan. Sebab, dari seorang kiper itulah ia bisa melihat seluruh pemain yang berada di atas lapangan.

Baca Juga:
Vertonghen Tegaskan Tetap Bertahan Bersama Spurs, Ini Alasannya

Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy saat memberikan keterangan kepada wartawan usai pertandingan uji coba melawan Persika Karawang di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu (25/8/2019). (Suara.com/ Adie Prasetyo)

"Karena dia (Andritany) punya pengalaman yang besar, apalagi dia sudah sering main di stadion yang full ya, yang penuh dengan penonton yang banyak. Saya kalau memiliki kapten lebih suka kiper atau centre back, kenapa? karena dia bisa melihat seluruh pertandingan," kata McMenemy di SUGBK, Senin (2/9/2019) malam.

"Kalau kita misalnya memilihnya pemain tengah, pemain tengah nanti dia bisa kepalanya kemana-mana ya, striker juga sama atau pemain depan lainnya. Jadi saya lebih memilih centre back sama kiper sebagai kapten karena saya merasa mereka bisa mengorganisir permainan," jelasnya.

Andritany memang punya pengalaman sebagai kepten. Bersama Macan Kemayoran --julukan Persija--, sang kiper pun kini menjadi kapten tim.

Baca Juga:
Jengah dengan De Gea, Manchester United Incar Kiper Atletico Madrid

Sementara itu, pertandingan Malaysia menjadi ujian pertama skuat Garuda di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Pada babak kualifikasi ini, Pasukan Merah Putih tergabung di Grup G.

Usai melawan Malaysia, Indonesia akan melakoni laga kedua menghadapi Thailand di stadion yang sama pada 10 September 2019.

Baca Juga:
Demi Emas di SEA Games, Timnas Tenis Meja Indonesia Berguru ke China

Load More