Galih Priatmojo
Timnas Futsal Indonesia U-20 ke semifinal Piala Asia U-20, Selasa (18/6/2019).

Bolatimes.com - Taklukkan Vietnam di laga perempat final Piala AFC U-20, Timnas futsal Indonesia melenggang ke semifinal, Selasa (18/6/2019). Torehan ini pun jadi rekor tersendiri skuat Garuda Muda untuk kali pertama tembus ke babak empat besar.

Berlaga di Pour Sharifi Arena, Iran, Timnas Indonesia sudah tampil menekan sejak menit awal. Hasilnya, pada menit ke-10 Abdussalam berhasil mengoyak jala Vietnam.

Vietnam yang tersentak berusaha membalas dengan tampil lebih agresif. Duel kasar bahkan sempat mewarnai laga hingga pelatih Kensuke mengajukan protes pada wasit asal Iran, Mahmoudreza Nasirloo.

Baca Juga:
Alexis Sanchez Pede Chile Bisa Juarai Copa America 2019

Meski mendapat perlawanan sengit, skuat Garuda Muda mampu tampil disiplin. Mereka bahkan tak memberi kesempatan para penggawa Vietnam mengembangkan permainan.

Asyik menyerang, Vietnam pun lengah saat menghadapi serangan balik dari Timnas Indonesia. Syaifullah berhasil memperbesar keunggulan di menit ke-17 setelah berhasil mencuri bola dari pemain Vietnam dan sukses mengelabuhi kiper lawan.

Vietnam sempat mendapat peluang emas lewat tendangan penalti jelang turun minum akibat foul keenam yang dilakukan Indonesia. Namun, kiper Ahmad Habibie yang sempat absen di laga sebelumnya akibat kartu merah mampu tampil cemerlang hingga sukses menggagalkan eksekusi penalti.

Baca Juga:
Baru Diresmikan, Maurizio Sarri Sudah Dapat Kritikan

Babak pertama pun ditutup dengan skor 2-0 untuk Timnas Indonesia.

Di babak kedua, Indonesia yang berusaha bermain sabar berhasil menambah keunggulan di menit ke-22 lewat Syaifullah.

Muhammad Sanjaya menambah pundi gol Timnas Indonesia tiga menit berselang. Kedudukan pun berubah jadi 4-0.

Baca Juga:
Bakal Dijual PSG, Ini Pesan Tite untuk Neymar

Vietnam yang tak ingin kehilangan tiket ke semifinal berusaha mengejar dengan memainkan powerplay.

Tetapi, Indonesia justru mampu menambah gol di menit ke-27 melalui Muhammad Pandega.

Vietnam baru mampu membalas dua menit berselang melalui Nhan Gia Hung memanfaatkan powerplay.

Baca Juga:
Kerap Tersandung Masalah, Neymar Siap Dilego PSG Musim Panas Ini

Pandega berhasil mencetak hattrick setelah mampu memanfaatkan celah powerplay yang dilakukan Vietnam.

Jelang bubaran, pertahanan Indonesia mendapat tekanan luar biasa dari Vietnam. Mereka bahkan perlahan mengejar ketertinggalan lewat Nguyen Huyn Thanh, Anam Lam Toi dan HM Woen. Skor pun menjadi 7-5 hingga laga usai.

Hasil tersebut membuat Timnas futsal Indonesia meraih tiket pertama ke babak semifinal Piala Asia U-20. Torehan itu bahkan membukukan Timnas Indonesia U-20 untuk kali pertama lolos ke babak semifinal

Load More