Rauhanda Riyantama
Ruben Neves gabung Al Hilal. (Twitter)

Bolatimes.com - Berikut deretan klub top dunia yang paling boros sepanjang bursa transfer musim panas 2023 ini, di mana salah satunya adalah klub kaya asal Arab Saudi.

Sejak bursa transfer musim panas 2023 dibuka medio Juni lalu, banyak klub-klub top dunia berbondong-bondong mendatangkan pemain-pemain bintang.

Para pemain-pemain bintang ini didatangkan dengan harga yang terbilang mahal, semata-mata untuk meningkatkan kualitas di timnya.

Baca Juga:
Merasa Diuntungkan, Kim Pan-gon Optimis Bawa Malaysia Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dari sekian banyak klub di dunia yang belanja pemain secara jor-joran, klub-klub Liga Inggris dengan kekuatan finansialnya masih mendominasi.

Selain klub Inggris, klub-klub Arab Saudi pun juga terbilang jor-joran usai empat klub besarnya diakuisisi oleh Pangeran Mohammed Bin Salman lewat Public Investment Fund (PIF).

Karena pengeluaran besar untuk mendatangkan pemain baru di musim panas ini, beberapa tim masuk dalam daftar klub paling boros di bursa transfer kali ini.

Baca Juga:
Event Timnas Semakin Dekat, Asisten Shin Tae-yong Berharap Dapat Dukungan dari Klub

Lantas, klub mana saja yang masuk dalam daftar terboros dalam urusan belanja pemain di bursa transfer musim panas 2023 ini? Berikut daftarnya seperti yang dilansir dari Transfermarkt.

1. Arsenal (Rp3,8 triliun)

Arsenal menjadi klub terboros sepanjang bursa transfer musim panas 2023 ini dengan membelanjakan total 231,6 juta euro (Rp3,8 triliun) untuk tiga pemain baru.

Baca Juga:
Tak Anggap Saingan, Ilham Rio Fahmi Siap Belajar dari Oliver Bias

Tiga pemain tersebut adalah Declan Rice dari West Ham dengan harga Rp2 triliun, Kai Havertz dari Chelsea dengan harga Rp1,2 triliun, dan Jurrien Timber dari Ajax Amsterdam dengan harga Rp661 miliar.

2. Al Hilal

Siapa yang menyangka jika klub Arab Saudi, yakni Al Hilal, berada di posisi dua dalam daftar ini, usai membelanjakan dana sebesar 178 juta euro Rp2,9 triliun untuk memboyong empat pemain baru.

Baca Juga:
Rio Fahmi Ungkap Alasan Tolak Jadi Polisi, Pilih Jadi PNS

Runner Up Liga Champions Asia 2023 ini memboyong empat pemain baru antara lain Malcolm dari Zenit St Petersburg, Ruben Neves dari Wolverhampton Wanderers, Sergej Milinkovic-Savic dari Lazio, dan Kalidou Koulibaly dari Chelsea.

3. Paris Saint-Germain (PSG)

Tak mau kalah dari tim kaya lainnya, tim kaya asal Prancis, PSG, juga jor-joran dengan membelanjakan total 159,5 juta euro (Rp2,6 triliun) untuk menggaet delapan pemain baru.

Dari delapan pemain itu, tiga di antaranya didatangkan dengan gratis. Sedangkan lima pemain lainnya, yakni Manuel Ugarte, Lucas Hernandez, Hugo Ekitike, Lee Kang-in, dan Xavi Simons ditebus dari klub sebelumnya.

4. Tottenham Hotspur

Rival sekota Arsenal, Tottenham Hotspur juga tak mau kalah dalam belanja pemain baru dengan telah menghabiskan 136,3 juta euro (Rp2,2 triliun) untuk menggaet lima pemain baru.

Dari lima pemain itu, hanya satu saja yang berstatus bebas transfer. Sedangkan empat lainnya yakni James Maddison, Pedro Porro, Dejan Kulusevski, dan Gugliermo Vicario, ditebus dari klub sebelumnya.

5. Real Madrid

Real Madrid juga tak ketinggalan dalam belanja pemain baru di musim panas ini dan telah menghabiskan 128,5 juta euro (Rp2,1 triliun) untuk tiga pemain.

Dari tiga pemain itu, Jude Bellingham menjadi pemain termahal dengan harga 103 juta euro (Rp1,7 triliun), kemudian disusul Arda Guler (Rp331 miliar), dan Fran Garcia (Rp82,7 miliar).

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More