Irwan Febri Rialdi
Gelandang Leicester City, James Maddison (Lindsey Parnaby/AFP)

Bolatimes.com - Seorang scouting pemain muda dunia menyebut bahwa talenta yang dimiliki Marselino Ferdinan tak jauh berbeda dengan karakter gelandang Tottenham Hotspur, James Maddison.

Klaim itu disampaikan oleh akun Twitter @EKscouting yang menjadi salah satu scouting untuk @YouthScouting. Akun ini biasanya mengulas sosok-sosok pesepak bola muda yang punya prospek cerah di masa depan.

Mereka melakukan analisis terhadap potensi Marselino Ferdinan yang sukses mencuri perhatian di usia 18 tahun bersama Timnas Indonesia. Gaya bermain gelandang KMSK Deinze ini bahkan disebut mirip seperti James Maddison.

Baca Juga:
Tak Heboh, Warga Amerika Serikat Biasa Saja Ketemu Lionel Messi di Supermarket

Akun @EKscouting juga membeberkan sejumlah karakter yang membuat Marselino Ferdinan mirip dengan James Maddison. Yang pertama, ia senang terlibat dalam banyak kombinasi operan-operan pendek.

“Dia senang memegang kontrol terhadap bola. Dia juga menggunakan tubuhnya untuk tetap menjaga penguasaan bola. Dia senang melakukan umpan-umpan jauh,” tulis @EKscouting melalui akun Twitternya.

Selain itu, ada sejumlah keunggulan yang dimiliki eks pemain Persebaya Surabaya itu. Di antaranya yakni kemampuan menguasai bola, one-touch pass, akurasi operan jarak jauh, dan mampu melewati lawan dengan dribble yang efisien.

Baca Juga:
Indonesia Kalah Gercep, Timnas Vietnam Sudah Umumkan Agenda TC Persiapan Piala AFF U-23 2023

Profil James Maddison

James Maddison merupakan salah satu pesepak bola Inggris yang punya kiprah luar biasa. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini berasal dari Coventry, Inggris, dan menimba ilmu bersama klub lokal setempat.

Maddison awalnya bergabung dengan tim junior Coventry City hingga 2013. Setelah itu, dia mendapatkan kesempatan promosi pada musim 2013-2014. Debutnya di level profesional tercipta ketika menghadapi Cardiff City pada ajang Piala Liga.

Baca Juga:
Mengenal Banten International Stadium, Bisa Jadi Alternatif Venue Piala Dunia U-17

Setelah itu, pemain bernama lengkap James Daniel Maddison ini direkrut oleh klub Liga Primer Inggris, Norwich City, pada 1 Februari 2016. Ketika itu, dia dikontrak tiga setengah musim dengan biaya yang dirahasiakan.

Namun, Maddison harus terlebih dahulu menjalani masa pinjaman. Pemain kelahiran 23 November 1996 ini sempat dipinjamkan ke klub lamanya, Coventry City (2016) dan klub asal Skotlandia, Aberdeen, pada 2016-2017.

Bersama Norwich City, Maddison sempat masuk nominasi pemain muda terbaik EFL Championship 2017-2018. Kiprah itulah yang membawanya direkrut Leicester City pada 20 Juni 2018.

Baca Juga:
Profil Rudy Golden Boy, Mantan Atlet MMA yang Lumpuhkan Pemobil Ugal-ugalan

Ketika itu, dia dibeli dengan harga sebesar 20 juta pounds dan terikat kontrak selama lima tahun. Di klub inilah, Maddison menghabiskan kariernya selama lima tahun hingga 2023.

Yang terbaru, dia baru saja direkrut Tottenham Hotspur pada musim panas ini, tepatnya pada 28 Juni 2023. Kabarnya, Spurs harus mengeluarkan biaya sebesar 40 juta pounds untuk merekrut eks Timnas Inggris U-21 ini.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More