Rauhanda Riyantama
Sergej Milinkovic-Savic gabung klub Arab, Al Hilal. (Twitter)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Sergej Milinkovic-Savic, bintang Lazio yang kini mengikuti jejak pemain top Eropa lainnya dengan bergabung klub Arab Saudi, yakni Al Hilal.

Klub-klub Arab Saudi saat ini tengah bergerilya merekrut bintang-bintang Eropa untuk diboyong di bursa transfer musim panas 2023 ini.

Terbaru, ada nama bintang Lazio, yakni Sergej Milinkovic-Savic yang baru saja resmi bergabung tim papan atas Arab Saudi, Al Hilal.

Baca Juga:
Eks Bek Inter Milan Senggol Pelatih Tokyo Verdy usai Duel Lawan Pratama Arhan, Ada Apa?

Ia menyusul nama-nama seperti Ruben Neves dan Kalidou Koulibaly yang terlebih dahulu hijrah ke Runner Up Liga Champions Asia 2023 itu.

Pemain berusia 28 tahun itu hijrah ke Arab Saudi setelah Al Hilal menebusnya dari Lazio dengan mahar 40 juta euro (Rp667 miliar).

Sejatinya, Savic sendiri menjadi salah satu properti terpanas di bursa transfer musim panas 2023 ini, menyusul kontraknya yang akan habis bersama Lazio pada 2024.

Baca Juga:
Alasan Fahry Septian Absen Bela Timnas Voli Putra Indonesia Lawan Thailand di AVC Challenge Cup 2023

Namanya bahkan sempat dirumorkan akan bergabung dengan tim-tim besar Italia lainnya seperti Juventus dan AC Milan.

Namun rumor itu tak menjadi kenyataan seiring keengganan klub-klub peminatnya memenuhi permintaan Lazio yang mematoknya dengan harga 40 juta euro.

Alhasil Al Hilal yang gencar memboyong bintang Eropa, berani memenuhi permintaan Lazio dan berhasil menggoda Savic untuk bergabung.

Baca Juga:
Profil SBOTOP, Situs Judi Online Sponsor Persikabo 1973 yang Kini Bermasalah dengan Hukum

Kepindahannya dari Lazio ke Al Hilal di usia yang baru 28 tahun membuat nama Sergej Milinkovic-Savic menjadi perbincangan. Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari eks penggawa Lazio tersebut.

Juara Piala Dunia U-20

Sergej Milinkovic-Savic merupakan pesepak bola yang berposisi sebagai gelandang berpaspor Serbia. Ia sendiri lahir di Spanyol, tepatnya di Lleida pada 27 Februari 1995 silam.

Baca Juga:
Dulu Tajir Melintir, 7 Pesepak Bola Top Legendaris yang Kini Jatuh Miskin

Savic lahir di keluarga atlet. Sang ayah, yakni Nikola Milinkovic merupakan mantan pesepak bola. Sedangkan sang ibu adalah mantan pebasket profesional.

Savic lahir di Catalunya saat sang ayah bermain di sana. Meski lahir di Catalunya, nyatanya ia justru mengawali karier sepak bola di Portugal bersama akademi Sporting CP saat sang ayah hijrah ke Portugal.

Setelah sang ayah tak lagi bermain di Portugal, Savic sempat bermain di akademi Grazer AK di Austria, sebelum kembali ke Serbia.

Di Serbia, Savic kemudian bergabung akademi Vojvodina. Di klub inilah, Savic mampu menembus kancah profesional yakni pada 2013.

Di musim pertamanya, Savic mampu mencuri perhatian karena berhasil menjaringkan tiga gol dari 13 laga di Liga Serbia.

Penampilan apiknya itu membuat tim Belgia, KRC Genk, meminangnya pada 2014 dengan harga 1 juta euro saja. Siapa sangka, kepindahan ini membuat nama Savic kian melambung.

Di musim pertamanya di KRC Genk, Savic yang berstatus gelandang tengah, mampu mencetak lima gol dari 24 pertandingan, dan membuat Lazio kemudian menjemputnya pada Agustus 2015.

Saat itu, Lazio menebus Savic dari KRC Genk dengan mahar 12 juta euro, angka yang fantastis untuk pemain muda yang baru semusim bermain di Belgia.

Tapi Lazio percaya akan kualitasnya. Di sisi lain, Savic makin menunjukkan talentanya sebagai gelandang subur di tim berjuluk Biancocelesti itu.

Puncaknya terjadi pada musim 2017/2018 lalu, saat Savic berhasil menjaringkan 12 gol dari 35 pertandingan di Serie A bagi Lazio.

Sejak saat itu, torehan Savic pun melonjak. Pada musim 2021/2022 lalu, ia bahkan berhasil mencetak 11 gol dan 11 assist di Serie A bagi Lazio dari 37 laga.

Catatan-catatan apik itu membuat Savic sempat didekati banyak klub. Bahkan Presiden Lazio mengaku pada 2018 lalu ia menolak tawaran total 140 juta euro dari AC Milan untuk bintangnya itu.

Selama delapan tahun bermain di Lazio, Savic mampu mencatatkan 341 penampilan di segala ajang dengan sumbangan 69 gol dan 59 assist, dan kini telah resmi berseragam Al Hilal.

Kiprah apiknya semasa junior dan di kancah profesional tersebut membuat Savic dipercaya Timnas Serbia sejak level kelompok umur hingga level senior.

Di level U-19 dan U-20, Savic mampu membawa negaranya menjuarai Euro U-19 pada 2013 lalu dan berlanjut menjuarai Piala Dunia U-20 2015.

Sedangkan di level senior, Savic telah mencatatkan 43 caps bersama Timnas Serbia dan mampu menyumbangkan tujuh gol serta delapan assist.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More