Husna Rahmayunita
Dion Cools dan penggawa Buriram United saat lawan Kelantan FC. (Instagram/@buriramunited)

Bolatimes.com - Masing-masing kompetisi sepak bola di kawasan ASEAN menerapkan kuota pemain asing yang berbeda-beda. Liga Thailand menjadi salah satu yang menggunakan jumlah tertinggi.

Perbedaan penggunaan kuota pemain asing ini memang berangkat dari kebijakan federasi masing-masing. Yang terbaru, PSSI berencana melakukan penambahan kuota untuk Liga 1 musim depan.

Jika dibandingkan beberapa kompetisi elite di kawasan ASEAN, penggunaan kuota pemain asing di Indonesia memang cenderung lebih sedikit.

Baca Juga:
SEA Games 2023: Jumpa Filipina di Semifinal, Tim Bulu Tangkis Putri Indonesia Diminta Tampil Lebih Baik

Berikut Bolatimes.com menyajikan perbandingan kuota pemain asing yang diterapkan masing-masing kompetisi top ASEAN.

1. Liga 1 (Indonesia)

Selama ini, kompetisi kasta tertinggi di Indonesia, atau Liga 1, memang hanya menerapkan empat pemain asing yang terdiri dari 3+1.

Baca Juga:
Wajib Tahu, Berikut Cara Main FIFA Mobile di Android Untuk Pemula

Artinya, ada tiga pemain asing dari negara bebas dan satu dari Asia. Jumlah ini rencananya akan mengalami peningkatan pada musim 2023/2024.

Sebab, PSSI berencana menerapkan sistem 5+1 atau lima dari negara yang bebas dan satu pemain asing asal Asia Tenggara. Artinya, nanti akan ada enam pemain asing yang boleh didaftarkan klub Liga 1.

2. V-League (Vietnam)

Baca Juga:
Ketum PSSI-nya Kamboja Batal Mundur dari Jabatannya Jelang Lawan Timnas Indonesia U-22, Optimis Lolos ke Semifinal?

Kompetisi kasta tertinggi di Vietnam atau dikenal sebagai V-League juga menjadi salah satu ajang yang mengizinkan penggunaan kuota pemain asing yang cukup minim.

Tak jauh berbeda dengan Liga 1, V-League mengizinkan setiap pesertanya untuk memakai empat pemain asing dalam skema 3+1.

Artinya, ada tiga pemain asing asal negara bebas dan ditambah satu pemain asal Asia yang boleh didaftarkan klub-klub dari Negeri Paman Ho.

Baca Juga:
Persaingan Top Skor SEA Games 2023 Makin Panas, Bomber Vietnam U-22 Bayangi Ramadhan Sananta

3. Malaysia Super League (Malaysia)

Malaysia Super League atau Liga Super Malaysia yang menjadi kompetisi kasta tertinggi di Negeri Jiran menerapkan kuota pemain impor yang cukup tinggi.

Sebab, setiap klub diizinkan untuk mendaftarkan sembilan pemain asing dan satu di antaranya merupakan pemain asal Asia Tenggara.

Perbedaannya, hanya ada lima pemain asing saja yang boleh dimainkan saat bertanding di Liga Super Malaysia.

4. Thai League (Thailand)

Andai dibandingkan kompetisi-kompetisi lainnya di kawasan Asia Tenggara, Thai League menerapkan kuota yang paling tinggi untuk pemain asing.

Sebab, setiap klub boleh memiliki sembilan pemain asing. Tiga di antaranya harus berasal dari kawasan Asia Tenggara.

Namun, jumlah yang boleh dimainkan di lapangan hanyalah tujuh pemain saja. Ini menjadi jumlah yang paling banyak di ASEAN.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More