Rauhanda Riyantama
Pelatih Al-Nassr Rudi Garcia berbicara kepada para pemainnya selama pertandingan sepak bola Liga Pro Saudi antara Al-Nassr dan At-Tai di Stadion Mrool Park di ibu kota Saudi, Riyadh pada 6 Januari 2023. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan pelatih yang mendapat pemecatan saat menukangi Cristiano Ronaldo, di mana nama terbaru adalah pelatih Al Nassr, Rudi Garcia.

Klub raksasa Liga Arab Saudi atau Saudi Professional League, Al Nassr, memutuskan untuk memecat pelatih kenamaan asal Prancis, Rudi Garcia, pada Kamis (13/4) WIB.

Pemecatan ini disampaikan oleh Al Nassr melalui media sosialnya, di mana pelatih berusia 59 tahun itu langsung lengser dari jabatannya.

Baca Juga:
Plot Twist: Timnas Indonesia Berharap Lewat Tuan Rumah, Timnas Malaysia Berpotensi Lolos ke Piala Dunia U-17

“Al Nassr mengumumkan bahwa pelatih kepala Rudi Garcia telah meninggalkan klub dengan kesepakatan bersama,” bunyi pernyataan Al Nassr.

Adapun posisi Rudi Garcia tersebut akan digantikan oleh pelatih tim U-19 Al Nassr, yakni Dinko Jelicic, yang diyakini akan menjadi pelatih sementara.

Pemecatan Rudi Garcia pun bukan tanpa sebab. Diyakini pemecatan ini dikarenakan Al Nassr mengendur belakangan ini, sehingga posisinya di puncak klasemen harus tergusur.

Baca Juga:
5 Klub Terboros dalam Satu Musim, Salah Satunya Chelsea

Padahal, Rudi Garcia sendiri telah diberikan pemain top pada diri Cristiano Ronaldo. Sayangnya, hadirnya pemain sekaliber dirinya tak bisa membuat Al Nassr bertahan di puncak klasemen.

Pemecatan Rudi Garcia pun membuat Cristiano Ronaldo telah menjadi saksi pemecatan pelatih sebanyak tujuh kali dalam kariernya.

Berikut daftar pelatih yang dipecat saat Cristiano Ronaldo berada di timnya.

Baca Juga:
Momen Lionel Messi Nyaris Pensiun di Usia 18 Tahun Gara-gara Tekel Brutal dari Pemain Chelsea

1. Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri pernah merasakan pemecatan dari Juventus pada 2019 atau saat Cristiano Ronaldo baru melakoni musim pertamanya di Turin.

Pemecatan itu didapat Allegri di akhir musim, di mana para petinggi Juventus dan mengakhiri kebersamaan keduanya yang telah berlangsung selama lima tahun.

Baca Juga:
Profil Divaldo Alves, Pelatih yang Bawa Persik Kediri Bangkit namun Kini Didepak

2. Maurizio Sarri

Pengganti Allegri di Juventus, Maurizio Sarri, juga mendapat pemecatan di akhir musim, tepatnya di musim kedua Cristiano Ronaldo bersama tim berjuluk Bianconeri itu.

Pria yang kini jadi pelatih Lazio itu dipecat kendati berhasil meraih Scudetto. Alasan pemecatannya itu diyakini karena dirinya gagal di Liga Champions karena terdepak di babak 16 besar.

3. Andrea Pirlo

Usai Maurizio Sarri dipecat, Juventus menunjuk Andrea Pirlo sebagai pelatih tim utama. Tapi, kiprahnya hanya bertahan selama semusim saja.

Andrea Pirlo dianggap gagal karena terpuruk di Liga Champions dan Liga Italia. Setelah ia dipecat di akhir musim, Juventus menunjuk Allegri kembali, dan kemudian Cristiano Ronaldo dijual pada musim panas 2021.

4. Ole Gunnar Solskjaer

Pasca ditendang Juventus, Cristiano Ronaldo kembali ke Manchester United yang dibesut oleh Ole Gunnar Solskjaer pada musim panas 2021.

Namun kehadiran Cristiano Ronaldo diklaim membuat permainan Man United menurun drastis, sehingga berujung pemecatan bagi Solskjaer.

5. Ralf Rangnick

Pasca pemecatan Solskjaer, Man United menunjuk Ralf Rangnick sebagai pelatih. Namun pergantian ini tak membuat Man United makin tampil bertaji.

Karenanya, Rangnick tak diperpanjang dan dipecat Man United. Ia pun digantikan Erik ten Hag yang membuat Cristiano Ronaldo tak mendapat tempat dan harus berpisah dengan klubnya tersebut.

6. Fernando Santos

Fernando Santos juga harus dipecat dari kursi kepelatihannya sebagai pelatih Timnas Portugal setelah menjabat selama delapan tahun.

Nahas kegagalan di Piala Dunia 2022 membuat pelatih yang mampu meraih gelar Euro 2016 itu harus dipecat dari kursi kepelatihannya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More