Rauhanda Riyantama
Momen pemain Malaysia, Akhyar Rasyid saat bobol gawang Turkmenistan. (Instagram)

Bolatimes.com - Timnas Malaysia membuat kejutan dengan berhasil mengalahkan Turkmenistan di agenda FIFA Matchday 2023, yang membuat ranking tim berjuluk Harimau Malaya itu bisa meningkat drastis.

Layaknya negara-negara lainnya, Malaysia bersama pelatihnya, Kim Pan-gon, memanfaatkan jeda internasional untuk bertanding melawan negara lainnya.

Timnas Malaysia pun kemudian dipastikan bertanding melawan dua negara, yakni Turkmenistan (23/3) dan Hong Kong (28/3) untuk FIFA Matchday di bulan Maret 2023 ini.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Cuma Naik Satu Peringkat jika Dua Kali Kalahkan Burundi, Begini Hitungannya

Laga pertama di FIFA Matchday pun telah dilakoni oleh Malaysia, di mana Dion Cools dkk berhasil meraih kemenangan atas Turkmenistan dengan skor 1-0.

Kemenangan Malaysia atas Turkmenistan itu didapat lewat gol tunggal Akhyar Rasyid yang mencetak golnya lewat aksi individu menawan di babak pertama.

Gol tunggal itu kemudian bertahan hingga akhir pertandingan, yang membuat Malaysia berhasil menang atas tim peringkat ke-135 itu.

Baca Juga:
5 Pemain Timnas Indonesia yang Diprediksi Bobol Gawang Burundi, Momen Buat Dimas Drajad Unjuk Gigi

Kemenangan itu pun membuat Malaysia yang ada di peringkat 145 itu pun mendapat tambahan poin yang signifikan, yakni +5,27 poin.

Raihan poin tersebut membuat Malaysia mengumpulkan 1077,26 poin dan bisa naik ke peringkat 140 FIFA, menggusur Burundi yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia.

Posisi Malaysia ini sejatinya masih bisa naik, andai nantinya rival Timnas Indonesia itu bisa menang di laga melawan Hong Kong yang jadi laga terakhirnya di FIFA Matchday Maret 2023.

Baca Juga:
Profil Liechtenstein, Negara yang Dijebol Cristiano Ronaldo, Ternyata Peringkatnya di Bawah Timor Leste

Andai berhasil menang atas Hong Kong, Malaysia akan mendapat tambahan +4,9 poin yang membuat poin mereka menjadi 1082,16 poin.

Total 1082,16 poin itu akan membuat posisi Malaysia di ranking FIFA pun kembali merangkak naik, yakni naik posisi ke-139 FIFA melewati Suriname.

Hal ini pun akan membuat Malaysia meninggalkan Timnas Indonesia di ranking FIFA, dengan perbedaan hampir sebanyak 12 peringkat.

Baca Juga:
Akhir Tragis Bojan Krkic, The Next Messi yang Pilih Pensiun Dini di Usia 32 Tahun

Alhasil, Timnas Indonesia bisa menjadikan raihan yang didapat Malaysia di FIFA Matchday Maret 2023 ini sebagai motivasi untuk bisa meraih kemenangan melawan Burundi.

Selain itu, ranking yang terpaut jauh dari Malaysia pun bisa menjadi motivasi berlebih agar Timnas Indonesia bisa memanfaatkan setiap laga internasional agar ranking FIFA nya naik drastis dan tak makin tertinggal dari rivalnya itu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More