Rauhanda Riyantama
Selebrasi Dimas Drajad bersama rekan setim usai cetak gol saat Timnas Indonesia kalahkan Curacao 3-2. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Menghitung poin dan ranking yang akan ditempati Timnas Indonesia andai bisa mengalahkan Burundi sebanyak dua kali pada agenda FIFA Matchday Maret 2023.

Timnas Indonesia akan melakoni agenda FIFA Matchday di bulan Maret 2023 dengan melawan wakil Afrika, yakni Burundi.

Adapun pertandingan melawan tim berjuluk Les Hirondelles itu akan berlangsung sebanyak dua kali, yakni pada Sabtu (25/3) dan Selasa (28/3).

Baca Juga:
5 Pemain Timnas Indonesia yang Diprediksi Bobol Gawang Burundi, Momen Buat Dimas Drajad Unjuk Gigi

Untuk venue pertandingan sendiri, PSSI selaku induk sepak bola Indonesia telah menunjuk Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, sebagai lokasi dua pertandingan itu.

Jelang melawan Burundi, skuad Garuda, julukan Timnas Indonesia, pun telah melakoni pemusatan latihan (TC) singkat di Jakarta sejak Senin (20/3).

Dalam pemusatan latihan itu, Shin Tae-yong selaku pelatih memanggil para pemain terbaik yang bisa tampil, baik dari dalam maupun luar negeri.

Baca Juga:
Akhir Tragis Bojan Krkic, The Next Messi yang Pilih Pensiun Dini di Usia 32 Tahun

Banyaknya pemain terbaik yang dipanggil tak lepas dari misi Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Burundi yang memiliki ranking lebih baik.

Sebagai informasi, Burundi saat ini berada 10 peringkat di atas Indonesia, yakni di peringkat 141 dan tim Merah Putih di peringkat ke-151.

Jika mampu meraih dua kemenangan atas Burundi, otomatis Timnas Indonesia akan mendapat tambahan poin dan posisinya akan naik.

Baca Juga:
Beda dengan Shin Tae-yong, Pelatih Malaysia Kim Pan-gon Ternyata Jago Bahasa Inggris

Namun, poin yang didapatkan Timnas Indonesia jika menang atas Burundi tak akan membuat posisi tim Merah Putih naik drastis di ranking FIFA. Bagaimana perhitungannya?

Hanya Naik 1 Peringkat

Karena melawan tim yang memiliki ranking lebih baik, Timnas Indonesia pun akan mendapat tambahan +5,39 poin jika menang atas Burundi.

Baca Juga:
FIFA Matchday: Malaysia Permalukan Turkmeniskan 1-0 Berkat Finishing Dingin Pemain Rp 2,6 Miliar

Sedangkan jika imbang, Timnas Indonesia akan mendapat tambahan +0,39 poin. Lalu andai kalah, skuad Garuda akan mendapat pengurangan -5,39 poin.

Dengan kata lain, jika Timnas Indonesia yang bertanding melawan Burundi sebanyak dua kali bisa memenangi dua pertandingan itu, maka skuad arahan Shin Tae-yong ini akan meraih poin maksimal +10,78 poin.

Tambahan +10,78 poin ini pun akan membuat Timnas Indonesia mengumpulkan total 1051,35 poin di ranking FIFA.

Jumlah poin itu nantinya akan membuat Timnas Indonesia menggeser Liberia di peringkat ke-150 yang saat ini memiliki 1049,66 poin saja.

Agar bisa naik ke peringkat ke-150, Timnas Indonesia pun juga harus berharap Liberia kalah di dua pertandingannya melawan Afrika Selatan sebanyak dua kali.

Alhasil, kekalahan yang didapat Liberia dari Afrika Selatan nantinya akan memberi keuntungan untuk Timnas Indonesia naik ke peringkat 150 jika mampu mengalahkan Burundi.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More