Rauhanda Riyantama
Striker kelahiran Argentina, Mateo Retegui yang kini bela Timnas Italia. (Twitter)

Bolatimes.com - Timnas Italia seolah mendapat kejutan setelah Mateo Retegui bersedia bergabung dengan tim di Kualifikasi Piala Eropa 2024. Pasalnya, striker 24 tahun itu merupakan pemain kelahiran Argentina.

Meski lahir di Argentina, Mateo Retegui punya darah Italia dari sang nenek. Bahkan ia lebih dulu berseragam Timnas Argentina kelompok umur dari U-19 dan U-20.

Sontak keputusan tersebut membuat Roberto Mancini  kaget. Mateo Retegui pun masuk dalam daftar skuad Timnas Italia dalam dua matchday Grup C Kualifikasi EURO 2024.

Baca Juga:
Kaget Dipanggil Shin Tae-yong, Curhat Kiper Termuda Timnas Indonesia untuk Lawan Burundi

"Kami tidak mengira dia akan mengatakan ya [saat mendapat undangan ke skuad Timnas Italia]," kata Roberto Mancini dikutip dari Football Italia.

"Kami sedikit ragu dan sebaliknya dia langsung mengatakan ya. Harapannya adalah bahwa itu bisa menjadi penting, dia anak laki-laki yang cerdas dan muda."

Kehadiran Mateo Retegui sekaligus mengakhiri pendirian Roberto Mancini yang sempat mengatakan tidak ingin memanggil pemain yang lahir di luar Italia.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Pakai Pemain Muda di Timnas Senior, Media Malaysia Beri Pujian Tinggi

"Bertahun-tahun yang lalu saya mengatakan bahwa pemain yang lahir di Italia harus bermain untuk tim nasional, tetapi masalah ini belum ada dan dunia telah berubah," kata Mancini.

“Semua tim nasional Eropa memiliki pemain naturalisasi dari negara lain. Kami memiliki pemain yang diambil oleh tim nasional negara lain."

Terdekat, Mateo Retegui yang kini tengah menjalani masa peminjaman di klub Liga Argentina Tigre dari Boca Juniors, bisa menjalani debut ketika Italia menjamu Inggris.

Baca Juga:
Jelang Duel, Shin Tae-yong Punya Kesamaan dengan Pelatih Burundi

Italia akan menghadapi Inggris dalam matchday pertama Grup C Kualifikasi EURO 2024 di Stadion Diego Armando Maradona, Naples, pada Jumat (24/3/2023) pukul 02.45 WIB.

Load More