Irwan Febri Rialdi
Gelandang Timnas Uzbekistan U-20, Umarali Rahmonaliyev. (YouTube/Futbol Loyiha)

Bolatimes.com - Timnas Uzbekistan U-20 patut berterima kasih pada sosok Umarali Rahmonaliyev saat menumbangkan perlawanan Timnas Irak U-20 pada laga final Piala Asia U-20 2023.

Pasalnya, Umarali Rahmonaliyev menjadi bintang kemenangan Timnas Uzbekistan U-20 lewat satu-satunya gol yang dicetak ke gawang Irak U-20 pada pertandingan final Piala Asia U-20 2023.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Milliy, Tashkent, Sabtu (18/3/2023) itu, Umarali Rahmonaliyev sukses menjebol gawang Irak U-20 pada menit ke-72.

Baca Juga:
Striker Jebolan Garuda Select Hanya Main Satu Menit Bersama Klub, PSS Sleman Akhiri Puasa Kemenangan

Gol ini berawal ketika pemain Irak U-20, Sajjad Mohammed, melakukan pelanggaran di kotak terlarang, yang membuat wasit menghadiahi penalti kepada Uzbekistan.

Umarali Rahmonaliyev yang menjadi eksekutor sepakan 12 pas ini pun tidak melakukan kegagalan saat mengeksekusi penalti itu. Gol ini bertahan hingga laga usai.

Sebagai informasi, ini adalah gelar juara pertama Timnas Uzbekistan U-20 di ajang ini. Sebelumnya, prestasi terbaik mereka ialah menjadi runner up di Piala Asia U-20 edisi 2008. 

Baca Juga:
Pratama Arhan Dipanggil Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday 2023, Tokyo Verdy Girang

Kemenangan ini juga membawa Uzbekistan U-20 menyamai rekor Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Irak, sebagai negara-negara yang telah memenangi gelar Piala Asia di level usia U-17, U-20, dan U-23.

Profil Umarali Rahmonaliyev

Sebagai informasi, Umarali Rahmonaliyev merupakan pesepak bola yang lahir pada 18 Agustus 2003. Saat ini, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu telah berusia 19 tahun.

Baca Juga:
Reaksi Berkelas Jordi Amat usai Dapat Panggilan Timnas Indonesia, Siap Totalitas

Umarali Rahmonaliyev merupakan pemain yang mendapat tempaan dari klub lokal Uzbekistan, Bunyodkor U-18. Dia mendapat kesempatan untuk promosi ke tim utama pada awal Januari 2022 lalu.

Catatan Umarali Rahmonaliyev bersama Bunyodkor memang cukup fantastis. Sebab, meskipun usianya belum genap 20 tahun, dia sudah memberikan kontribusi yang istimewa.

Dari dua musim mulai rentang 2021 hingga 2022, dia sudah menyumbangkan tujuh gol dan satu assist dari total 25 pertandingan. Dengan kata lain, Rahmonaliyev sudah mendapatkan menit bermain yang reguler meski usianya masih muda.

Baca Juga:
3 Alasan Persik Kediri Tampil 'Mengerikan' di Akhir Musim Liga 1 2022/2023

Potensi besar yang dimiliki pemain berpostur 170 cm inilah yang membuat klub kasta tertinggi Liga Rusia, Rubin Kazan, merekrutnya pada Januari 2023.

Di level tim nasional, Umarali Rahmonaliyev memang punya catatan yang mentereng. Dia sudah menjadi bagian dari skuad Timnas Uzbekistan U-19 sejak mencatat debut pada 8 September 2022.

Sementara bersama Timnas Uzbekistan U-20, Umarali Rahmonaliyev sampai saat ini telah menyumbang dua gol dari delapan pertandingan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More