Galih Prasetyo
Skuat Israel U-19 (Instagram @isr.fa)

Bolatimes.com - Penolakan tim Biru Putih, julukan Israel main di Piala Dunia U-20 Indonesia gencar dilakukan sejumlah pihak. Pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) bahkan berencana akan bertanya ke PSSI dan pemerintah soal keikutsertaan Israel di event resmi FIFA tersebut.

Penolakan terhadap Israel untuk main di Indonesia rupanya juga menjadi sorotan media lokal di sana. Salah satu media Israel, sport5 berharap bahwa hal tersebut tidak sampai benar-benar terjadi.

Menurut media olahraga Israel tersebut, suara-suara penolakan kepada tim nasional mereka cukup gencar terjadi di Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Baca Juga:
Mengulik Penyebab Kedatangan Israel yang akan Tampil di Piala Dunia U-20 2023 Menuai Penolakan

"Timnas Israel baru pertama kali mengikuti turnamen ini, namun kini tersiar kabar di Indonesia bahwa ada suara-suara yang menyerukan agar Israel tidak diundang," tulis media lokal tersebut.

"Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia tidak menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dan negara kita bahkan dianggap oleh sebagian dari mereka sebagai musuh,"

"Selain itu, telah dan akan ada beberapa demonstrasi menentang partisipasi Israel di Piala Dunia. Kementerian Luar Negeri RI mengklarifikasi beberapa waktu lalu bahwa Israel bisa berpartisipasi dan akan mendapatkan keamanan dengan tim peserta lainnya,"

Baca Juga:
Timnas Indonesia di Pot 1, Israel Pot 4, Kedua Tim Bakal Satu Grup di Piala Dunia U-20?

Media Israel itu berharap bahwa pemerintah Indonesia tetap berpegangan pada keputusan awalnya. Mereka pun menyebut bahwa Indonesia adalah negara demokrasi yang tidak akan terpengaruh dengan tekanan eksternal.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum MUI, KH Dr Marsudi Syuhud dalam keterangan resmi menyebut pihaknya ingin meminta penjelasan dari pemerintah terkait keikutsertaan Timnas Israel itu.

"Kita ingin mendengar terlebih dahulu penjelasan dari Menteri Luar Negeri seperti apa. Pemerintah harus menjelaskan soal posisi Indonesia terhadap keikutsertaan Timnas Israel," kata Marsudi.

Baca Juga:
Persiapan Israel Jelang Piala Dunia U-20 Indonesia, Striker Keturunan Arab Jadi Andalan

Selain Menteri Luar Negeri, kata Marsudi, MUI juga ingin mendengar keterangan dari Menko Polhukam Mahfud MD.

Selain sebagai menteri koordinator, Mahfud juga merupakan ahli hukum sehingga diyakini bisa memberikan pandangan yang luas dari sisi hukum.

MUI juga ingin mendengar penjelasan dari Menpora dan PSSI sebagai penyelenggara kejuaraan.

Baca Juga:
Erick Thohir Garansi bakal Jamu Israel dengan Baik di Piala Dunia U-20 2023

Load More