Rauhanda Riyantama
Potret pemain Manchester United saat ditahan imbang Barcelona 2-2 di Liga Europa. (AFP)

Bolatimes.com - Manchester United hancur lebur oleh Liverpool saat kedua tim bertemu pada lanjutan laga Liga Inggris 2022/23, Minggu (5/3/2023) malam WIB.

Tak tanggung-tanggung, The Reds berhasil mencukur tamunya di Anfield dengan skor telak 7-0. Gol-gol Liverpool dicetak oleh dua gol dari Gakpo, Darwin Nunez, Mohamed Salah, dan satu gol Roberto Firmino.

Kekalahan ini melahirkan sederet catatan buruk buat Man United. Ini menjadi kekalahan terbesar United di semua ajang sejak 1931 silam.

Baca Juga:
Akhirnya Nyetel di Liverpool hingga Cetak Brace saat Gulung MU, Begini Kata Cody Gakpo

Menurut Opta, kekalahan itu melebihi kekalahan terbesar MU sebelumnya dari Liverpool 1-7 yang terjadi di kasta kedua pada Oktober 1895.

Lantas, kekalahan terbesar apa saja yang pernah dialami oleh Manchester United dari Liverpool?

1. Liverpool vs Manchester United (7-1)

Baca Juga:
Timnas Uzbekistan U-20 Tak Punya Pemain Abroad, Kesempatan Indonesia Menang di Laga Pamungkas?

Kekalahan terbesar yang pernah dialami Manchester United saat berjumpa Liverpool sepanjang sejarah terjadi pada Divisi 2.

Momen ini tepatnya terjadi pada 12 Oktober 1985. Saat itu, Liverpool sukses menghajar Manchester United dengan skor 7-1. 

Tujuh gol kemenangan The Reds dicetak melalui dua gol Arry Bradshaw, Frank Becton, Fred Geary, dan satu gol lainnya oleh Jimmy Ross.

Baca Juga:
Klasemen BRI Liga 1 usai Bhayangkara FC Libas PSS Sleman 1-0, Elang Jawa Makin Jatuh

2. Liverpool vs Manchester United (5-0)

Sejarah mencatat bahwa Manchester United pernah dilibas lima gol tanpa balas pada 19 September 1925. Saat itu, kedua tim berjumpa pada Divisi 1 Liga Inggris.

Pada pertandingan itu, Dick Forshaw mencatat hattrick. Sementara itu, dua gol lain dicetak oleh Harry Chambers dan Archie Rawlings.

Baca Juga:
Kemampuan Timnas Indonesia U-20 Baru 50 Persen, Shin Tae-yong Minta Pemain Maksimalkan Sisanya Lawan Uzbekistan

Kekalahan dengan skor identik juga pernah dialami Manchester United dari Liverpool pada pekan ke-9 Liga Inggris 2020/21. Saat itu, Liverpool berhasil menumbangkan Manchester United di Old Trafford.

3. Liverpool vs Manchester United (4-0)

Kekalahan terbesar dengan skor serupa yang pernah dialami oleh Setan Merah juga sempat terjadi sekitar sembilan puluh tahun sebelumnya.

Saat itu, Setan Merah dihajar oleh The Reds pada pertandingan Divisi 2 Liga Inggris, 22 April 1905.

Tiga dari empat gol Liverpool pada saat itu dicetak oleh hattrick Sam Raybould. Sementara satu gol lain dibukukan oleh Jack Cox.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More