Rauhanda Riyantama
Momen Kylian Mbappe cetak gol ke gawang Bayern Munich namun dianulir VAR. (AFP)

Bolatimes.com - Kylian Mbappe hampir menjadi penyelamat atau bahkan pahlawan kemenangan Paris Saint-Germain (PSG) atas Bayern Munich di leg pertama 16 besar Liga Champions 2022-2023, Rabu (15/2/2023).

Namun, dua gol yang dicetak penyerang Timnas Prancis itu pada akhirnya tidak disahkan oleh wasit yang membuat PSG kalah 0-1 dari Die Roten dalam pertandingan di Parc des Princes, Paris.

PSG mendapat tekanan hebat dari Bayern Munich sepanjang babak pertama ketika Kylian Mbappe cuma duduk di bangku cadangan dengan Lionel Messi dan Neymar dipasang sebagai dua penyerang dalam formasi 4-4-2.

Baca Juga:
Link Live Streaming Madura United vs Persita Tangerang di BRI Liga 1, Kick Off 15.00 WIB

Setelah cuma mampu melepaskan satu tembakkan sepanjang babak pertama, pelatih Christophe Galtier berjudi dengan memainkan Mbappe yang baru pulih dari cedera menggantikan Carlos Soler pada menit ke-57.

Hasilnya instan, serangan PSG jadi sangat berbahaya di mana Mbappe berhasil mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-73 setelah memanfaatkan kemelut di muka gawang dengan menyambar bola rebound hasil tepisan kiper Yann Sommer.

Penyerang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe (Tengah) mencetak gol yang kemudian tidak disahkan selama pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions UEFA antara PSG vs Bayern Munich di Parc des Princes di Paris , pada tanggal 14 Februari 2023.Alain JOCARD / AFP

Namun, Mbappe terlihat jelas dalam posisi offside dan hakim garis pun telah mengangkat bendera hingga membuat wasit tak butuh Video Assistant Referee (VAR) untuk menganulir gol tersebut.

Baca Juga:
Jelang Turnamen Mini Lawan 3 Kontestan Piala Dunia U-20, Aspek Ini Jadi Fokus Shin Tae-yong

Mbappe yang terus memberi ancaman nyata terhadap pertahanan Bayern kemudian kembali menggetarkan gawang Yann Sommer pada menit ke-82.

Dia menyambar umpan silang dari Nuno Mendes untuk melepaskan tembakkan satu sentuhan yang tak bisa diantisipasi Sommer. Namun, lagi-lagi gol itu dianulir karena offside.

VAR menyatakan Nuno Mendes sudah lebih dulu masuk perangkap offside Bayern Munich sebelum melepaskan umpan silang datar kepada Mbappe.

Baca Juga:
Jadwal Liga Champions Malam Ini: Ada Borussia Dortmund vs Chelsea dan Club Brugge vs Benfica

Penyerang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe (tengah) melakukan selebrasi setelah mencetak gol yang kemudian tidak disahkan selama pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions UEFA antara PSG vs Bayern Munich di Parc des Princes di Paris , pada tanggal 14 Februari 2023.Alain JOCARD / AFP.

Pasca laga, Mbappe menegaskan dirinya dan tim tak boleh terlarut dalam kekalahan ini. Dia menyerukan agar rekan-rekannya bangkit dan mempersiapkan diri untuk membalikan keadaan di leg kedua.

"Kami harus bergerak cepat. Kami akan pergi ke sana [Munich] untuk lolos," kata Kylian Mbappe dikutip dari laman resmi UEFA, Rabu (15/2/2023).

"Para pemain kami harus dalam keadaan sehat untuk leg kedua, semua orang perlu makan dan tidur dengan baik. Ketika kami bermain sepak bola menyerang, tidak nyaman untuk mereka."

Baca Juga:
Dilepas Thomas Doll ke TC Timnas Indonesia, Begini Tanggapan Duo Pemain Persija Jakarta

Kekalahan 0-1 dari Bayern Munich jelas membuat Lionel Messi dan kawan-kawan punya tugas berat di leg kedua. Selain harus bermain di kandang lawan, PSG juga wajib menang dengan selisih dua gol untuk lolos langsung ke perempat final.

Leg kedua babak 16 besar antara Bayern Munich vs PSG dijadwalkan berlangsung di Allianz Arena, Munich pada 9 Maret mendatang.

Load More