Arif Budi Setyanto
Sandy Walsh dan Jordi Amat mulai latihan bersama timnas Indonesia di Stadion Sidolig, Jumat (27/5/2022) sore WIB. [PSSI]

Bolatimes.com - Jelang Piala AFF 2022, situs resmi turnamen membuat daftar pemain dari ASEAN yang punya harga termahal. Dua amunisi baru timnas Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh masuk dalam lima besar.

Piala AFF 2022 bakal menyajikan pertemuan yang sengit. Sebab, kualitas negara-negara di ASEAN semakin maju seiring para pemain yang berkembang.

Situs resmi AFF kemudian merilis daftar harga pemain ASEAN yang termahal. Dua pemain naturalisasi timnas Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh masuk ke lima besar.

Baca Juga:
Timnya Tersingkir, Ronaldo Rela Lionel Messi Juara Piala Dunia 2022

Mereka hanya kalah dari bintang Filipina yang bermain di VfL Bochum, Gerrit Holtmann. Bintang Bundesliga tersebut menjadi pemain AFF termahal saat ini.

Berikut daftar lima pemain AFF yang punya harga termahal via Transfermarkt:

5. Dion Cools

Baca Juga:
3 Klub Eropa yang Sumbang Pemain Terbanyak di Semifinal Piala Dunia 2022

Pemain Timnas Malaysia, Dion Cools. (Instagram/@djcools21)

Dion Cools merupakan pemain paling mahal yang dimiliki Malaysia. Bermain di posisi bek, ia punya pengalaman membela klub-klub ternama di Eropa.

Masa tersukses Dion Cools sendiri ketika ia menghabiskan lima tahun di Club Brugge dan memenangkan dua gelar liga dan dua piala. Pemain FK Jablonec ini punya kisaran value sebesar 900 ribu dolar AS.

4. Jordi Amat

Baca Juga:
Amerika Serikat Blokir 55 Situs Web Siarang Langsung Ilegal Piala Dunia 2022, Bagaimana dengan Indonesia?

Pemain Curacao ikutan nimbrung saat Jordi Amat pamer foto berseragam Timnas Indonesia (Instagram/jordiamat5)

Jordi Amat resmi bisa membela timnas Indonesia di Piala AFF 2022 karena proses naturalisasinya dan perpindahan federasi sudah rampung. Bek berusia 30 tahun ini sedang berkarier di JDT.

Meski begitu, Jordi adalah pemain berpengalaman dan sempat mencicipi liga top dunia seperti Premier League serta LaLiga Spanyol. Maka dari itu, value sang pemain kini masih di angka 1,05 juta dolar AS>

3. Chanathip Songkrasin

Baca Juga:
4 Fakta Menarik Jelang Duel Argentina vs Kroasia di Semifinal Piala Dunia 2022

Thanawat Suengchitthawon dan Chanathip Songkrasin di Piala AFF 2020. (Roslan Rahman/AFP)

Chanathip Songkrasin dipastikan absen membela Thailand di Piala AFF 2022. Padahal ia adalah pemain paling berharga yang dimiliki Changsuek.

Pemain yang berkarier di Kawasaki Frontale ini punya taksiran harga 1,475 juta dolar AS. Kehilangan sosok Chanathip membuat Thailand akan sulit mempertahankan gelar juara.

2. Sandy Walsh

Sandy Walsh saat berlatih bersama Timnas Indonesia (Instagram/sandywalsh)

Sama seperti Jordi Amat, Sandy Walsh adalah pemain baru untuk timnas Indonesia. Sayangnya, ia tak bisa membela tim Garuda secara penuh karena juga harus menuntaskan kewajibannya di klub KV Mechelen.

Pemain berusia 27 tahun ini punya harga mahal sebesar 2,1 juta dolar AS. Hal itu karena Sandy punya pengalaman di Eropa dan kini sedang onfire bersama KV Mechelen.

1. Gerritt Holtmann

Gerrit Holtmann yang kini berseragam VfL Bochum. (INA FASSBENDER / AFP)

Terakhir ada nama Gerrit Holtman yang merupakan pemain bintang Filipina. Ia menjadi pemain AFF termahal dengan harga taksiran 4,75 juta dolar AS.

Holtmann sendiri wajar punya harga mahal karena ia aktif bermain di klub Bundesliga Jerman, VfL Bochum. Akan tetapi, belum diketahui apakah ia bakal bisa membela The Azkals di Piala AFF 2022.

Load More