Muhammad Ilham Baktora
Pemain depan Argentina Lionel Messi selebrasi usai mencetak gol saat pertandingan sepak bola Grup C Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Meksiko di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Sabtu (26/11/2022). [Kirill KUDRYAVTSEV / AFP]

Bolatimes.com - Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi berhasil menyalip rekor milik legenda sepak bola, Pele dalam kompetisi Piala Dunia di fase gugur.

Assist yang diciptakan Messi saat membantu Nahuel Molina mencetak gol ke gawang Belanda di perempat final, Sabtu (10/12/2022) ini tercatat melebihi dari koleksi Pele. Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) ini mencatatkan lima assist di fase gugur Piala Dunia.

"Lionel Messi membantu lima gol di babak fase gugur Piala Dunia. Jumlah itu dimulai dari Opta Joe memulai hitungan dari Piala Dunia 1966. Ini adalah rekor terbanyak di fase gugur, melampaui empat [assist] milik Pele," tulis Opta Joe, dikutip Sabtu (10/12/2022).

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia 2022: Nyaris Tawuran, Argentina Singkirkan Belanda Lewat Adu Penalti, Tantang Kroasia di Semifinal

Messi melakoni debut di Timnas Argentina pada 2005. Saat itu La Pulga membantu Tim Tango lolos dari babak kualifikasi Piala Dunia 2006 di Amerika Selatan.

Rekor assist pada fase gugur Piala Dunia, ditorehkan Messi di Piala Dunia 2010. Argentina saat itu menghadapi Meksiko di babak 16 besar. Messi membantu satu gol untuk kemenangan Tim Tango 3-1.

Selanjutnya pada Piala Dunia 2014, Messi mengemas satu assist lagi di babak 16 besar setelah mengalahkan Swiss, 1-0.

Baca Juga:
Profil Bruno Petkovic, Pahlawan Timnas Kroasia yang Gagalkan Impian Brasil Juarai Piala Dunia 2022

Pada Piala Dunia 2018, La Pulga membantu rekan-rekannya mencetak gol dua kali. Pada kesempatan itu, Argentina bertemu Timnas Prancis di babak 16 besar. Sayang langkah Albiceleste terhenti setelah kalah tipis 4-3 dari Les Blues.

Gelaran Piala Dunia 2022, Messi mencatat satu assist lagi saat memenangkan laga melawan Belanda. Di perempat final ini Messi memberikan umpan cantik ke Nahuel Molina yang berhasil menjadi gol. Terhitung ada lima assist yang diciptakan Messi selama membela Argentina di Piala Dunia.

Argentina vs Belanda bermain imbang 2-2 di 120 menit pertandingan normal sebelum berlanjut ke adu penalti. Sihir La Pulga untuk memenangkan pertandingan ini berakhir dengan skor 4-3 setelah drama penalti.

Baca Juga:
Tembak Mati Warganya saat Rayakan Kekalahan Iran dari Piala Dunia 2020, Sejumlah Aparat dan Kepala Polisi Ditahan

Hasil tersebut memastikan Tim Tango melaju ke babak semifinal. Argentina sudah ditunggu lebih dulu oleh Kroasia yang mampu menjungkal Brasil dengan hasil adu penalti juga, 2-4 setelah bermain imbang 1-1 waktu normal.

Pertandingan jedua tim akan digelar pada Rabu (14/12/2022).

Load More